Marc Marquez Mulai Menjajal Motor Honda RC213V-S

Medianesia.id – Pembalap berjuluk The Baby Alien, Marc Marquez mulai menjajal motor Honda RC213V-S atau motor MotoGP versi komersial di Sirkuit Barcelona-Catalunya, di Montmelo, Spanyol Selasa (16/3) ini.

Uji coba ini dilakukan untuk mengetes kondisi fisik Marquez yang sebenarnya, sehingga ia dapat membuat keputusan terkait kembalinya ke MotoGP.

Pembalap Tim Honda itu mengaku dirinya tidak menutup kemungkinan untuk tampil pada balapan seri pertama MotoGP 2021 yang akan berlangsung di Qatar. Meskipun, semua kepastian itu akan terjawab pada 28 Maret mendatang saat MotoGP dimulai.

“Saya tidak mengesampingkan bahwa saya akan berada di balapan pertama, tetapi saya tidak dapat menjamin apa pun, karena ada naik-turun dalam fase pemulihan,” kata Marc Marquez.

Marquez sebelumnya telah menggelar latihan dengan motor kecil di Alcarras, Spanyol. Kemudian Marquez menuju ke Sirkuit Losail, Qatar untuk menghirup dan merasakan atmosfer Kejuaraan Dunia dan mendapatkan vaksinasi Covid-19 di paddock MotoGP.

Marc Marquez juga menggunakan gym hotel pada Minggu sore untuk melanjutkan terapi pada lengan kanannya yang masih dalam masa pemulihan cedera. Juara enam kali MotoGP itu tinggal di Losail selama 48 jam dan setelah mendapatkan vaksin dosis pertama, ia terbang kembali ke Barcelona.

“Seluruh peserta MotoGP memiliki kesempatan untuk divaksinasi,” kata Marc Marquez.

“Saya pikir ini adalah pekerjaan yang hebat sepanjang kejuaraan. Logikanya itu sukarela. Saya memilih untuk melakukannya, itulah mengapa saya pergi ke sini. Dengan begitu ketika saya divaksinasi di sini, maka jatah vaksin saya di Spanyol akan diberikan ke orang lain.”

Selasa (16/3) ini, dia juga mulai menjajal motor RC213V-S versi komersial di Montmelo. Uji coba ini dilakukan untuk mengetes kondisi fisik Marquez yang sebenarnya, sehingga ia dapat membuat keputusan terkait kembalinya ke MotoGP.

Marquez sudah diperbolehkan kembali mengendarai motor setelah hampir delapan bulan vakum. Ia tengah mempersiapkan diri untuk kembali balapan di lintasan meski tidak bisa berpartisipasi dalam sesi tes pramusim MotoGP 2021 yang berlangsung di Qatar, pekan lalu.

Rencananya, Marquez akan kembali ke Qatar dalam tiga pekan ke depan untuk mendapatkan vaksinasi dosis kedua. Kemungkinan Marquez akan mengikuti latihan bebas di Losail dan mungkin absen pada balapan pertama MotoGP Qatar. Latihan bebas itu dibutuhkannya untuk beradaptasi dan melemaskan otot tangannya yang tegang sebelum benar-benar kembali dalam balapan resmi.

Pada awal pekan lalu, nama Marquez masuk dalam daftar sementara pembalap yang akan tampil di MotoGP Qatar 2021 pada 28 Maret. Ketika itu Marquez menyebut kondisinya membaik setiap hari dan akan menjalani proses secara bertahap untuk kembali bersaing.

Sumber:CNNindonesia