Waspada Jika Mendapat Pesan Ini dari WhatsApp, Modus Ambil Alih Akun

Medianesia.id – Bareskrim Polri melalui Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) mengimbau masyarakat untuk waspada jika terima pesan permintaan OTP (One Time Password) melalui WhatsApp. Imbauan tersebut dituliskan melalui akun Twitter @CCICPolri, Selasa (9/3/2021).

“Saat ini banyak cara bagi pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil alih akun WhatsApp,” cuit akun @CCICPolri.

“Jika Anda mendapatkan pesan teks dari WhatsApp, jangan bagikan kode yang ada dapatkan dan jangan klik link tersebut,” tambahnya.

Selain memberikan imbauan, Bareskrim juga membagikan tangkapan layar yang disebut harus diwaspadai oleh pengguna pesan instan WhatsApp. Berikut contoh tangkapan layar yang diunggah lewat akun Tersebut.

Lebih lanjut Bareskrim juga mengimbau untuk tidak memberikan data foto dan nomor KTP sembarangan. Hal itu disebut dapat dipergunakan berbagai tindak kejahatan seperti pinjaman dana online, membeli barang hingga membobol akun rekening.

“Hal tersebut bisa menjadi celah bagi pelaku tindak pidana untuk melakukan pinjaman pada aplikasi fintech atau membeli suatu barang bahkan bisa digunakan membobol akun rekening bank anda,” cuit akun tersebut.

Tindak kejahatan kerap mengancam sebagian masyarakat pengguna teknologi digital. Belum lama ini terjadi modus penipuan baru di WhatsApp yang menyiasati pengguna untuk memberikan kode OTP yang dikirim menggunakan huruf India.

Hal ini dialami Arief seorang karyawan swasta yang mendapatkan kiriman kode OTP dari seorang yang mengaku sebagai kasir sebuah minimarket.