Wah! Komik Superman Ini Laku Seharga Rp 45 Miliar

foto: komik jadul Superman (detikcom)
foto: komik jadul Superman (detikcom)

Medianesia.id, Batam – Komik edisi pertama yang memperkenalkan superhero Superman terjual dengan harga mencetak rekor. Dengan judul Action Comics #1, komik itu berhasil terjual seharga US$ 3,25 juta setara Rp 45 miliar (kurs Rp 14.507).

Mengutip dari CNN, Kamis (8/4/2021) komik itu dijual oleh pemilik kedua melalui situs lelang online ComicConnect.com. Dalam siaran pers situs lelang tersebut pada awal rilis tahun 1938 Action Comics #1 dijual seharga 10 sen saja.

Berdasarkan laporan tersebut juga, komik itu dulunya ditemukan oleh pemilik pertamanya dalam tumpukan majalah film tahun 1930-an dalam kondisi sangat baik. Hingga akhirnya bisa terjual pertama kali pada 2014 dengan harga jual US$ 3,2 juta di eBay. Lalu yang terbaru pada tahun 2018 seharga lebih dari US$ 2 juta.

Baca Juga  KB Bukopin Gunakan Teknologi yang Dikembangkan KB Kookmin

Dengan harga jual baru senilai US$ 3,25 juta penjual yang merupakan pemilik kedua untung US$ 1 juta setelah memilikinya hanya tiga tahun. Nama pembeli baru tidak diungkapkan, tetapi rilis tersebut mengatakan pemilik baru relatif baru dalam investasi komik.

“Ini adalah buku komik berusia 83 tahun dalam kondisi hampir murni dan ini adalah pemandangan yang patut dilihat. Belum lagi, buku ini meluncurkan genre pahlawan super yang merupakan bagian besar dari budaya kita,” kata salah satu pemilik ComicConnect, Vincent