Tips Sehat Fisik Mental Selama Pandemi

Ilustrasi komunikasi media sosial.foto(ist)
Ilustrasi komunikasi media sosial.foto(ist)

Medianesia.id, Batam – Pandemi virus Corona tidak hanya mengancam kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental setiap individu. Tidak hanya rasa takut, efek psikologis yang ditimbulkan pun bisa berdampak serius.

“64,3% dari 1.522 responden mengaku cemas dan depresi di tengah pandemi.” Hasil survey dari Penghimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI).

Namun apakah ini sebenranya normal? Apakah ini yang seseorang alami ketika harus di rumah aja dan tidak melakukan apa-apa.

Ada istilah yang disebut dengan ‘Cabin Fever’ : Sebuah kecenderungan untuk merasa overwhelms karena tidak pernah ke mana-mana atau terisolasi.

setiap individu dihadapkan oleh situasi yang berbeda-beda mulai dari perubahan hidup yang signifikan sampai kebiasaan yang berubah drastis.

Baca Juga  Bangun Jalan Pintas, BP Batam Cari Investor

Menurut The American Institute of Stress “Saat menghadapi perubahan, sumber yang membuat kita stress adalah perubahan itu sendiri.”

Ilustrasi komunikasi media sosial.foto(ist)
Ilustrasi komunikasi media sosial.foto(ist)

jadi, stress ini melibatkan hampir seluruh sistem tubuh kita jika kita sedang menghadapi sebuah perubahan. Maka wajar jika seseorang merasakan hal yang sama.

  1. Kurangi paparan terhadap berita atau cerita di medsos terkait dengan COVID-19. Berikan waktu istirahat dari paparan media dan tentukan waktunya (tidak terus menerus)
  2. Lakukan hobi atau kegiatan yang menyenangkan
  3. Saling mendengarkan Kita bisa tetap berkomunikasi dengan banyak orang secara online. ceritakan hal-hal yang meresahkan kita kepada yang kita percaya
  4. Menjaga hubungan dengan orang-orang yang di sayang, gunakan media sosial untuk tetap saling memberi motivasi selma menjalani masa pandemi.
  5. Jangan terlalu cepat panik, sering membersihkan tangan dengan sabun dan bilas menggunakan air megalir. tidak perlu panik mencari atau membeli cairan antiseptik/desinfektan yang harganya sudah di atas normal.
  6. Minta perlindungan kepada Allah SWT. Doakan keluarga,teman,petugas medis,pasien dan semua orang yang membutuhkan agar selalu diberi kekuatan dan kesabaran serta ketenangan dalam menghadapi masa pandemi ini dan pandemi segera berlalu.(rika)
Baca Juga  Puluhan Tenaga Kesehatan di RSBP Telah Divaksinasi Covid-19
Iluistrasi Komunikasi Virtual.Foto(Istimewa)
Iluistrasi Komunikasi Virtual.Foto(Istimewa)