Tips Merawat Earphone Agar Tidak Cepat Rusak

Medianesia.id, Tek – Mendengarkan musik memiliki manfaat dalam kehidupan. Diaantaranya mendengarkan Musik bisa memperbaiki mood seseorang.

Baik melalui aplikasi pemutar musik/lagu, platform online seperti YouTube. Mendengarkan musik juga semakin asyik jika menggunakan earphone, headphone, headset, handsfree.

Namun, permasalahan di masyarakat jika menggunakan earphone, eraphone lebih cepat rusak. Padahal tidak juga loh! Mungkin kamu belum tau cara merawatnya saja.

1. Pastikan Telinga Tidak Basah Saat Menggunakan Earphone

Earphone juga merupakan perangkat elektronik yang jika terkena air bisa saja mengalami kerusakan karena kosleting. Jika terjadi kosleting bisa saja Kamu tersetrum dan sangat berbahaya.

Oleh sebab itu, sebaiknya Kamu pastikan kalau telingamu tidak basah. Hal ini selain untuk merawat earphone juga untuk menjaga kesehatan telinga jika sering menggunakan earphone.

Baca Juga  Sosialisasikan PP 41/2021, Kemenko Gelar Transformasi BBK Indonesia Hebat

2. Gulung Kabel Earphone dengan Benar

Nah, yang bikin earphone cepat rusak adalah kabel yang sudah terbelit, karena Kamu menggulungnya tidak benar. Kabel earphone yang terbelit bisa saja tertarik ke sana ke mari.

Oleh sebab itu, Kamu harus menggulungnya dengan benar ketika sudah selesai menggunakannya. Oh iya, Kamu juga bisa menggunakan pengait agar tidak kusut lagi.

3. Setting Earphone dengan Volume Normal

Ternyata menyetel volume full ketika menggunakan earphone itu bisa mempengaruhi performa earphone. Hal ini dikarenakan kerasnya volime bisa merusak speaker dan komponen internel di dalamnya.

Akibatnya, kualitas audio akan terus menurun dan efek bass akan menjadi keras. Kemudian audio yang dihasilkan menjadi pecah.

Baca Juga  Kapolres Bintan: Vaksinasi Covid-19 Aman dan Halal, Jangan Takut untuk Divaksin

4. Simpan Earphone di Tempat yang Aman

Menggulung earphone dengan benar juga tidak cukup jika tidak menggunakan tempat earphone khusus. Karena ketika disimpan di tempat yang kurang aman tetap saja akan membuat kusut karena terguncang.

5. Bersihkan Earphone Secara Rutin

Tau nggak sih kalau earphone juga menjadi sarangnya debu, bakteri dan juga kuman. Yups, karena tepat di bagian audio terdapat sela-sela kecil yang mudah dimasuki debu.

Oleh sebab itu, Kamu harus rajin membersihkannya agar suara yang dihasilkan earphone menjadi lebih bagus. Caranya membersihkannya cukup gunakan sikat gigi, cutton bud atau kain microfibber aja. (*)