oleh

Tips Menjaga Alpukat Potong Tetap Hijau dan Segar, Awet Dalam 5 Hari

Medianesia.id, Batam – Buah alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal atau disebut lemak baik yang bermanfaat bagi tubuh.

Buah alpukat mempunyai warna kulit hijau sampai coklat kemerahan dan dagingnya hijau kekuningan. Alpukat bertekstur lembut seperti mentega dan rasanya cenderung gurih.

Buah alpukat saat diiiris, sebaiknya segera dikonsumsi karena akan mengalami oksidasi berubah warna menjadi coklat yang disebut melanin.

Meskipun aman dikonsumsi, tetapi tidak menggugah selera lagi.

Terdapat cara mencegah proses oksidasi, agar alpukat bisa dikonsumsi keesokan harinya atau sampai lima hari kedepan.

Simak 3 cara menjaga alpukat potong tetap hijau dan segar
1.Simpan dengan bawang bombai
Cara pertama, simpan buah alpukat potong menghadap ke atas dengan irisan bawang bombai, dalam wadah tertutup sebelum diletakkan di kulkas.

Secara teori, uap yang dikeluarkan saat bawang bombai potong mencegah permukaan alpukat menjadi coklat.

Meskipun daging alpukat tidak bersentuhan secara langsung dengan bawang bombai, mungkin akan sedikit beraroma bawang.

Oleh karena itu simpan alpukat bersama bawang bombai ketika alpukat sebagai bahan hidangan gurih. Cara ini dapat mengawetkan alpukat selama lima hari.

2.Gunakan perasan lemon atau jeruk nipis
Cara berikut cukup mudah, kamu hanya perlu memberikan perasan lemon maupun jeruk nipis pada permukaan alpukat iris. Setelah itu simpan pada wadah kedap udara dan taruh di kulkas.

Keasaman pada lemon dan jeruk nipis akan memperlambat proses oksidasi, menjaga alpukat tetap hijau serta segar. Segera konsumsi paling lambat tiga hari.

3.Lapisi dengan minyak alpukat
Selanjutnya, kamu bisa melapisi permukaan alpukat iris dengan minyak alpukat atau minyak zaitun. Letakkan alpukat di wadah tertutup lalu simpan di lemari es.

Minyak alpukat tidak akan memberikan rasa aneh, alpukat tetap gurih dan lembut untuk dimakan langsung atau sebagai campuran pada makanan.

Cara ini menjaga alpukat berwarna hijau segar selama lima hari
(**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *