Tiga Jurus ‘Jitu’ ala Sandiaga Uno untuk Bangkitkan Industri Pariwisata

Sandiaga Uno
Sandiaga Uno

Medianesia.id, Jakarta – Sebagai salah seorang pengusaha yang terbilang sukses, Sandiaga Uno jelas punya sikap pantang menyerah. Sandi tak akan menyerah begitu saja dengan keadaan yang menghalanginya untuk bisa maju dan sukses.

Sikap itulah yang dibawa Sandi ketika dipercaya menjadi menteri pariwisata dan ekonomi kreatif. Tak lama dilantik menjadi menteri, Sandi bergegas menerobos jalan untuk membangkitkan industri pariwisata dengan mengumpulkan seluruh kepala dinas pariwisata kabupaten dan kota madya seluruh Indonesia.

Dalam diskusi yang dilakukan secara virtual pada Sabtu (26/12/2020) itu, Sandi mengungkap tiga jurus untuk mempercepat pemulihan pariwisata. Ketiga jurus itu adalah inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

Sandiaga Uno
Sandiaga Uno

“Tugas pemerintah adalah sebagai fasilitator inovasi bagi ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif, sehingga sistem ini akan menumbuhkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Sandi.

Baca Juga  Temani Weekend Kamu bersama Cheese Cake Madu Tanpa Oven, Simak Resepnya!

Ketiga jurus itu, bahkan salah satunya, didasarkan pada pengalaman Sandi yang pernah terpapar virus Covid-19. Sandi menyatakan bahwa manusia adalah makhluk paling adaptif sehingga yang paling penting dilakukan adalah penyesuaian dengan menerapkan protokol clean, health, safety, and environment (CHSE).

Sedangkan mengenai kolaborasi, Sandi menegaskan perlunya ada kerja sama dari seluruh pihak. Dirinya mengingatkan agar tidak ada lagi ego sektoral, birokrasi berbelit, dan semua harus membuka komunikasi terhadap seluruh pihak.

“Saya tahu banget birokrasi, dulu sebagai pengusaha saya juga pengalaman. Jadi harus buka diskusi-komunikasi dan kita harus perhatikan masyarakat,” papar Sandi.

Sementara, langkah inovasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari memperluas konektivitas wisatawan, pemberian insentif atau paket wisata, optimalisasi kegiatan MICE di destinasi wisata, pemberian intensif peningkatan daya beli produk lokal dan penciptaan lapangan kerja serta hibah pariwisata melalui transfer daerah untuk hotel, restoran, dan pemerintah daerah.

Baca Juga  Rekomendasi Playlist Lagu Self Healing, Simak Yuk!
Salah satu kawasan wisata di Indonesia
Salah satu kawasan wisata di Indonesia

Lewat seluruh langkah tersebut, Sandi mengaku optimistis dapat membangkitkan geliat pariwisata dan ekonomi kreatif nusantara. Optimisme bertambah pada keyakinan akan dilibatkannya seluruh pihak, mulai dari pelaku usaha, media, komunitas, sehingga semua unsur pemangku kepentingan agar visi dan misi dapat cepat tercapai.

“Urat pesimistis saya sudah putus, saya optimistis sekali dapat membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lewat kerja sama semua pihak,” ungkap Sandi. (***)

Sumber: Republika