Ternyata Rasa Pahit Pare Bisa Menyembuhkan 7 Penyakit Mematikan dalam Tubuh

Ilustrasi Pare (Photo/Suara.com)
Ilustrasi Pare (Photo/Suara.com)

Medianesia.id, Batam – Kendati rasanya pahit, pare rupanya punya segudang manfaat bagi tubuh! Apa saja?
Rasa pahit dari pare sepertinya begitu familiar di lidah warga masyarakat Indonesia. Tapi siapa sangka, pare ini punya manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh lho.

Tak hanya biasa dijadikan sajian pendamping siomay, pare juga kerap diolah menjadi berbagai sayuran nan menggugah selera.

Mengandung mineral potasium dan vitamin, berikut kami rangkum 7 manfaat pare:

Ilustrasi Jus Pare (Photo/Istimewa)
Ilustrasi Jus Pare (Photo/Istimewa)
  1. Gula darah lebih terkendali

Insulin memegang peranan untuk membuat kadar gula darah tetap stabil. Insulin berguna untuk membuat glukosa dalam darah menjadi energi. Konsumsi pare bisa membantu penurunan gula darah dalam tubuh.

Hal tersebut dapat menjadikan kadar gula darah dalam tubuh menjadi lebih stabil. Pare juga berfungsi untuk mengatur peredaran glukosa dalam darah serta organ lain dalam tubuh.

  1. Mengurangi efek buruk radikal bebas
Baca Juga  Kejari Terima Pelimpahan SPDP Kasus Penganiayaan dalam Lapas

Dalam satu porsi pare terkandung nutrisi yang penting untuk tubuh. Dalam pare terdapat vitamin C yang bisa mencegah tubuh mengalami gangguan kesehatan.

Salah satu sumber masalah kesehatan adalah dengan adanya radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan penyakit, bisa berupa kerusakan pada sel tubuh sampai kanker kulit.

  1. Meningkatkan imun tubuh
    Dalam pare terkandung antioksidan yang tinggi, satu diantara kandungan tersebut adalah vitamin C. kandungan antioksidan bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Kandungan dalam pare dapat meningkatkan ketahanan tubuh dari penyakit sehingga tubuh tidak mudah jatuh sakit.

Kandungan dalam pare dapat mengurangi efek buruk dari radikal bebas yang berefek buruk untuk kesehatan.

  1. Menurunkan kolesterol
Baca Juga  Pasien Covid-19 yang Sembuh Alami Peningkatan. Wako Batam: Sudah 85,9 Persen

Kolesterol dalam tubuh dalam tingkat tertentu bisa membahayakan kesehatan tubuh. Kolesterol yang berlebih dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah. Penyempitan tersebut bisa berdampak pada meningkatnya risiko terjadinya stroke dan serangan jantung.

Konsumsi pare untuk menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan menjadikannya jus atau masakan dalam menu makan.

  1. Menyehatkan tulang

Setiap vitamin memiliki manfaatnya masing-masing. Salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin K. Kandungan dalam vitamin K bermanfaat untuk membantu proses pembekuan darah serta menjadi cara untuk membantu penyebaran kalsium dalam tubuh.

Dengan begitu, tulang menjadi lebih padat dan bisa membantu pemulihan patah tulang serta membuat darah pada luka menjadi cepat sembuh.

  1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Sel kanker bisa terjadi karena adanya masalah pada sel dalam tubuh. Kandungan dalam pare bisa berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.
Berbagai jenis kanker yang bisa dikurangi efek buruknya dan dicegah bisa berupa kanker payudara, usus besar, kanker darah, dan lain-lain.

Baca Juga  KPU Tetapkan Paslon Urut Nomor 01 Jadi Bupati Bintan Terpilih

Meskipun pare memiliki manfaat sehat untuk mencegah kanker. Gaya hidup sehat tetap harus diperhatikan agar tubuh terbebas dari kanker.

  1. Meringankan asma

Sakit asma tentu saja bisa menghambat aktivitas. Asma dapat mengganggu sistem pernapasan. Penyakit asma bisa dikurangi efek buruknya dengan mengonsumsi pare.

Kandungan dalam pare dapat menyehatkan pernapasan karena pare bisa berguna sebagai antiinflamasi, antihistamin, dan antivirus. Kandungan nutrisi yang berguna tersebut menjadikan pare sebagai makanan yang membuat tubuh lebih sehat.

Nah, itu dia tadi 7 manfaat pare yang baik untuk tubuh. Selamat mencoba ya!(**)

Source: Suara.com