Tender Pengelolaan Air Bersih Batam, ATB : Kami Siap ‘Lahir dan Batin’ Ikut

Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus
Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus

Medianesia.id, Batam – Saat ini, Badan Pengusahaan (BP) Batam tengah mempersiapkan proses tender pengelolaan air bersih melalui konsesi 25 atau 30 tahun mendatang.

Tercatat, ada 4 perusahaan besar yang telah ‘berkirim’ surat ketertarikannya kepada BP Batam guna mengikuti proses tender tersebut. Diantaranya, ADARO, Menito, dan PJT (Perum Jasa Tirta).

Proses tender pengelolaan air bersih di Batam yang akan dimulai pada April 2021 mendatang ini, diketahui juga menarik perhatian PT Adhya Tirta Batam (ATB).

Bahkan perusahaan air yang telah menyelesaikan tugasnya mengelola air selama 25 tahun ini, menyatakan sikap ‘lahir dan batin’ untuk mengikuti tender tersebut.

Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus
Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus

“Kami siap lahir dan batin mengikuti tender pengelolaan air bersih di Batam nanti,” jelas Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus saat dihubungi awak media, Senin (30/3/2021) siang.

Baca Juga  WOW, Trans Studio Garden Bakal Hadir di Tanjungpinang

Pihaknya pun menegaskan bahwa saat ini tengah menunggu informasi terkait dibukanya tender pengelolaan air bersih tersebut. Sambil mempersiapkan berbagai kelengkapan administrasi yang dibutuhkan.

“Jika tender sudah dibuka, tentunya kami akan ikutan mendaftar. Dan tentunya, hal yang paling penting adalah kesempatan itu disampaikan kepada kami nantinya. Pesannya adalah, siapapun yang ikut dalam tender pengelolan air ini, sebaiknya memiliki jejek rekam dan memiliki pengalaman yang sudah terbukti dalam mengelola air yang baik,” tegasnya.

Ketika disinggung apakah ATB akan fokus di hilir atau hulu dalam proses pengelolaan air, dengan tegas Maria mengatakan bahwa hal tersebut tidak menjadi persoalan.

Mengingat, selama 25 tahun mengelola air di Batam sebelumnya, ATB sudah memberikan bukti nyata.

Baca Juga  WOW, Trans Studio Garden Bakal Hadir di Tanjungpinang

“Tentunya kita tidak mempermasalahkan apakah di hulu atau hilir. Namun yang jelas adalah, kita memiliki komitmen untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat Batam. Intinya, dimana saja kami siap,” tegasnya.

Sebelumnya, Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan (BU Fasling) BP Batam, Binsar Tambunan mengatakan bahwa proses tender pengelolaan air bersih akan mulai dibuka pada April 2021 mendatang. Dimana saat ini, semua proses tender tengah dilakukan.

Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan (BU Fasling) BP Batam, Binsar Tambunan
Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan (BU Fasling) BP Batam, Binsar Tambunan

“Mei 2021, pengelolaan air bersih di Batam oleh PT Moya Indonesia sudah akan berakhir. Untuk itu, saat ini kita tengah mempersiapkan proses lelang yang akan dimulai awal April 2021 mendatang,” jelas Binsar Tambunan saat dihubungi IDNNews.id, Senin (22/3/2021) lalu.

Dan saat ini, tambahnya, BP Batam tengah melakukan Probity Audit oleh BPKP. Dimana Probity Audit merupakan kegiatan penilaian secara independen untuk memastikan bahwa proses pengadaan barang/jasa telah dilaksanakan secara konsisten sesuai dengan prinsip integritas (integrity), kebenaran (uprightness), dan kejujuran (honesty) yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Baca Juga  WOW, Trans Studio Garden Bakal Hadir di Tanjungpinang

Pihaknya pun menegaskan, saat ini sudah ada 4 perusahaan yang ada di Indonesia yang sudah mengirimkan surat minatnya ke BP Batam dalam mengikuti tender pengelolaan air bersih di Batam.

“Saat ini sudah ada peserta lelang mengirimkan surat menyatakan minatnya. Ada 4 perusahan dalam negeri yang tertarik dalam konsesi pengelolaan air di Batam selama 25 atau 30 tahun. Tapi saat ini masih dalam tahap kajian oleh BPKP dan pendampingan Kejati,” jelasnya. (Iman Suryanto)