Selain Bikin Masakan Enak, Garam Himalaya Juga Memiliki Manfaat Kesehatan

Foto/Istimewa
Foto/Istimewa

Medianesia.id – Garam himalaya merupakan garam berwarna merah muda yang diekstraksi dari tambang garam Khewra yang berada di dekat Pegunungan Himalaya di Pakistan, seperti yang dilansir dari Healthline.

Garam ini tidak hanya membuat masakan jadi lebih enak, tapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Nah, berikut ini manfaat kesehatan dari garam himalaya:

  1. Mengontrol kadar gula darah

Mengonsumsi garam himalaya dengan takaran yang tepat membuat aliran cairan dalam tubuh membaik. Sehingga keseimbangan mineral dan hormon juga akan semakin baik. Dengan demikian, ini akan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah lonjakan gula dasar.

  1. Memulihkan kadar elektrolit tubuh

Menggunakan garam himalaya pada masakan akan membantu memulihkan kadar elektrolit pada tubuh. Selain di tambahkan pada masakan, kamu juga bisa memasukkannya dalam air dan tambahkan madu lalu meminumnya.

  1. Mencegah hipotermia
Baca Juga  Hari Pertama 'Ngantor', Gubernur Kepri Ansar Ahmad Mengaku Tak Takut Divaksinasi

Hipotermia adalah keadaan suhu tubuh turun hingga berada di bawah 35 derajat Celcius. Mencegah kondisi ini kamu harus mengonsumsi natrium yang cukup melalui makanan sehat. Cara mudahnya kamu bisa mengganti garam dapur dengan garam himalaya.

  1. Menyeimbangkan pH

Karena kandungan minera alami yang cukup tinggi pada garam himalaya sehingga membantu menyeimbangkan pH. Saat pH tubuh seimbang, maka akan mencegah penurunan sistem kekebalan tubuh.(**)

sumber: Ig @indozonefood