REI Ingatkan BP Batam Kualitas Air Bersih, Achyar Arfan: Standar Batam Tinggi, Jangan Sampai Turun

Ketua DPD REI Khusus Batam, Achyar Arfan.
Ketua DPD REI Khusus Batam, Achyar Arfan.

Medianesia.id, Batam – DPD REI Khusus Batam menegaskan, jangan sampai kualitas pelayanan air bersih di Batam turun. Karena itu, BP Batam harus mampu memilih operator Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang benar-benar terbukti mampu memberikan pelayanan terbaik.

“Bicara mengenai lelang SPAM ini, standar di Batam sudah tinggi. Pengelola sebelumnya punya rekor baik selama bertahun-tahun. Keluhan konsumen selalu ada, tapi umumnya sudah puas,” tutur Ketua DPD REI Khusus Batam, Achyar Arfan.

Tantangan operator SPAM Batam berikutnya, sangat besar. Pasalnya, sejumlah proyek properti, khususnya perumahan banyak dimulai di Bulan Ramadhan ini. Selain itu, tren high rise building juga tengah naik-naiknya.

Ketua DPD REI Khusus Batam, Achyar Arfan.
Ketua DPD REI Khusus Batam, Achyar Arfan.

Jika pengelola SPAM tak mampu memenuhi kebutuhan air bersih sebagai dampak perkembangan tersebut, alhasil sektor property di Batam akan semakin lesu kedepannya.

Baca Juga  Tak hanya makan dan minum, Hal Ini Dapat Membatalkan Puasa

Menurutnya, Pengembang properti di Batam optimistis tahun ini pasar properti akan kembali mengalami peningkatan. Persentasenya hingga lima persen. Sebab permintaan terhadap rumah murah bersubsidi diprediksi akan meningkat.

“Tahun ini, Batam dapat jatah pembangunan rumah murah bersubsidi sebanyak 1.200 unit dari pemerintah. Untuk harganya saat ini, belum berubah dari tahun lalu. Rp 156,5 juta per unit,” ungkapnya.

Faktor lainnya, yakni harga bahan bangunan tidak mengalami kenaikan signifikan, kecuali besi yang harganya naik sekitar 10 persen. Pemerintah pusat memang memprioritaskan anggarannya untuk membangun rumah murah bersubsidi. Pasalnya, di tengah pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhirnya, pasar rumah komersil anjlok.

Berpengalaman Kelola Air di Batam

Baca Juga  Taba Iskandar: Batam itu 'Unik', Operator SPAM Harus Miliki Skill

Sejumlah perusahaan bertaraf Nasional disebut-sebut berlomba-lomba untuk turut berpartisipasi dalam lelang SPAM Batam. Termasuk pengelola air bersih 25 tahun kota Batam, PT Adhya Tirta Batam (ATB).

Perusahaan ini punya nilai tambah yang patut diperhitungkan, mengingat reputasi dan rekam jejaknya sangat baik selama mengelola air di Batam. ATB disebut-sebut mampu mebawa Batam menjadi kota dengan layanan air bersih terbaik di Indonesia.

Saat dihubungi oleh media, Head of Corporate Secrettary ATB, Maria Jacobus mengatakan, pihaknya selalu memberikan pelayanan terbaik untuk Batam, guna menunjang pertumbuhan berbagai sektor di kota industri ini.

Ilustrasi Pengelolaan Air Bersih di Batam
Ilustrasi Pengelolaan Air Bersih di Batam

“Utilitas air bersih itu krusial untuk berbagai sektor. Termasuk property. Karena itu, kami selalu berkomitmen memberikan yang terbaik agar pertumbuhan di sektor-sektor strategis tetap terjaga dengan baik,” paparnya.

Baca Juga  Sosialisasi Cinta Rupiah, Uang Jadi Penunjang Stabilitas Ekonomi

ATB Sendiri, lanjut Maria, telah mengembangkan sistem teknologi di industri pengelolaan SPAM secara mandiri. Diantaranya SPARTA Smart Solution dan ATB Integrated System (AIRS). Satu dari dua sistem tersebut sudah mendapat Paten di Kementerian Hukum dan HAM RI.

Melalui teknologi tersebut, ATB telah berhasil mencatat pencapaian yang belum pernah diraih oleh perusahaan pelayanan air bersih lainnya. Imbasnya, Batam mendapat pelayanan air terbaik di Indonesia. (*)