Provinsi Kepri Tunggu Keputusan Menkeu, Terkait Kebijakan Bebas Visa

Pemprov Kepri, lanjutnya, telah menyurati Menparekraf tgl 25 April lalu untuk kembali mendorong usulan penetapan tarif PNBP Visa Kunjungan singkat , VoA 7 hari untuk Kepri ke  Kemenkeu supaya kebijakan tersebut bisa segera diterapkan. 

“Kita tidak minta ini digratiskan, tapi kita ke Pemerintah Pusat (tarif) Voa dikurangi menjadi Rp 160 ribu saja atau US$ 10,” tegasnya.

Karena menurutnya, jika kebijakan itu bisa direalisasikan, Pemprov Kepri optimis, tingkat kunjungan wisman ke Kepri di tahun 2024 ini bisa menembus angka 3 juta orang, seperti tahun 2019 lalu.

“Kan kalau mereka (wisman) bisa datang seperti sebelum 2019 sampai 3 juta orang, bayangkan, berapa banyak mereka membelanjakan uangnya. Banyak aktivitas masyarakat bisa hidup,” paparnya.

Ansar melanjutkan, Pemprov Kepri bersama seluruh pemangku kepentingan pariwisata di Kepri telah sepakat dan akan bersinergi meraih target kunjungan 3 juta wisman tahun 2024.

“Target tiga juta tidaklah kecil dan tidak mudah meraihnya, namun dengan komitmen dan antusiame kolektif seluruh pemangku kepentingan baik unsur pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan unsur pentahelix pariwisata di daerah, kami yakin target capaian yang sangat tinggi ini akan bisa kita raih,” tutupnya.(*) 

Editor : Ags