Prof Nizam: Perguruan Tinggi Perlu Buat Terobosan Di Era Revolusi Industri 4.0 Ini

foto/istimewa
foto/istimewa

Medianesia.id, Batam – Di era revolusi industri 4.0, perguruan tinggi diharapkan bisa mencetak lulusan yang memiliki kompetensi. Sehingga setelah lulus, mahasiswa bisa langsung terserap di dunia industri. Kompetensi ini menjadi sebuah hal terpenting di dunia kerja. Karena tak menutup kemungkinan, semakin canggih teknologi, tenaga manusia pun bisa digantikan oleh robot atau otomasi.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikti Kemendikbud), Prof. Nizam menerangkan, dunia pendidikan tinggi saat ini menghadapi tantangan yang cukup kompleks dengan kondisi dunia yang berubah cepat dan non linear serta penuh ketidakpastian.

Prof. Nizam meminta perguruan tinggi untuk merombak cara pendidikan saat ini dari pola pendidikan industri 3.0 dengan kompetensi yang sangat baku ke industri baru yang tengah berkembang cepat. Mahasiswa harus punya kompetensi “Kompetensi lama tidak lagi dibutuhkan karena pekerjaannya banyak yang hilang,” tuturnya dalam Talkshow Kampus Merdeka Menyongsong Society 5.0 dalam peringatan HPTT ke-75 yang digelar Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada ( UGM) secara daring, Kamis (11/2/2021).

Baca Juga  Dear Bunda, Berikut Tips Merawat Pisau Dapur Agar Awet dan Tajam