Presiden Jokowi Resmikan Group ATB di SPAM Umbulan, Ini Yang Akan Dilakukan ATB

Presiden Jokowi Resmikan Group ATB di SPAM Umbulan. foto/istimewa
Presiden Jokowi Resmikan Group ATB di SPAM Umbulan. foto/istimewa

Medianesia.id, Batam – Presiden Joko Widodo akhirnya meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Kabupaten Pasuruan, Senin(22/3/2021).

Ternyata, ada andil perusahaan yang berdiri di bawah bendera yang sama dengan ATB dalam terealisasinya SPAM berkapasitas 4.000 liter perdetik ini.

SPAM Regional Umbulan ini ternyata dibangun melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan PT Meta Adhya Tirta Umbulan, salah satu anak perusahaan Bangun Cipta Group, yang merupakan induk perusahaan ATB.

Perusahaan ini, mampu merealisasikan proyek impian yang telah mangkrak sejak tahun 1973 tersebut. Dibangun dengan investasi Rp 2,05 triliun dan diproyeksi mampu melayani 310.000 sambungan rumah atau 1,3 juta orang di Jawa Timur.

Baca Juga  Hadapi Situasi Kedaruratan, Karyawan ATB Dilatih Terampil Menghadapi Kebakaran

Projek prestisius tersebut, diharapkan dapat berfungsi optimal dalam pemenuhan kebutuhan air bersih di lima daerah. Yakni Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kota Surabaya, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo meminta seluruh Bupati, Wali Kota, dan Gubernur yang kawasannya mendapatkan aliran air dari SPAM Umbulan, melakukan koordinasi dengan Kementerian PUPR dan PT Meta Adhya Tirta Umbulan untuk mengatur pihak-pihak yang bertanggung jawab agar air dari SPAM Umbulan mengalir sampai ke rumah tangga.