Pondok Pesantren di Indonesia Bakal Dapat Bantuan dari Pemerintah

Ilustrasi Dana bantuan
Ilustrasi Dana bantuan

Medianesia.id, Batam – Sebagai bentuk membantu Operasional Pondok Pesantren yang ada di seluruh Indonesia, khususnya dalam kondisi pandemi Covid-19, Komisi VIII DPR RI sudah mengusulkan dana bantuan kepada pemerintah pusat.

Dana bantuan yang bernama Bantuan Operasional Pesantren (BOP) ini, nantinya dikucurkan untuk Pesantren, Islamiah, TPQ dan lainnya. 

“Itu bantuan karena Covid-19, tapi tidak untuk 2021. Jadi BOP ini diterima untuk 2020,” jelas Anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Ina Ammania dari Fraksi PDI-P dapil Jatim VII, Selasa (15/12/2020).

Diakuinya, untuk BOP ini pihaknya sudah menyampaikan kepada Kakanwil agar seyogyanya tidak dipotong. Lantaran dana ini digunakan untuk membeli vitamin, hand sanitizer dan keperluan untuk penanganan Covid-19.

Baca Juga  Besok, Ketua Umum KONI Kukuhkan Pengurus KONI Kepri
Ilustrasi Dana bantuan
Ilustrasi Dana bantuan

“Kita harus siap menghadapinya. Untuk meminimalkan adanya penyebaran yang luas,” katanya.

Ketika disinggung anggarannya yang dikucurkan, Ina menegaskan jumlahnya mencapai Rp 25 Juta hingga Rp 50 Juta per bulan untuk setiap pondok pesantren yang jumlahnya lebih dari 500. Sementara kalau Madin, MTQ, dan Sanawiyah itu Rp 10 juta.

“Sudah dikucurkan dan banyak yang sudah menerima. Saat ini sudah dalam proses,” katanya. (***)