oleh

Perkembangan Media Masif di Sumatera dan Jawa, 1.800 Media Terverifikasi di Dewan Pers

Medianesia.id, Jakarta-Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Ratifikasi Dewan Pers, A Sapto Anggoro, mengutarakan perkembangan media saat ini masih di bagian barat, yaitu Sumatera dan Jawa. 

“Saat ini ada 1.800 media yang terverifikasi di Dewan Pers. Sebanyak 1.015 berupa media siber, 377 televisi, 18 radio, dan 442 cetak,” ujar Sapto Anggoro pada peluncuran hasil survei yang dilakukan Dewan Pers bersama Universitas Multimedia Nasional (UMN) tentang industri media di Hall Dewan Pers, Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Dijelaskannya, dari sebaran geografis, data hasil penelitian memperlihatkan konsentrasi pertumbuhan media banyak di Indonesia bagian Barat, yaitu Sumatra dan Jawa.

“Ketimpangan tersebut mengindikasikan, adanya wilayah-wilayah padat media dan wilayah yang masih membutuhkan lebih banyak media untuk melayani publik,” terangnya. 

Lebih lanjut katanya, pada wilayah padat media, permasalahan yang terjadi adalah persaingan untuk mendapatkan audiens dan juga kue iklan. 

“Persoalan tersebut dapat memengaruhi kualitas konten pemberitaan dan media secara umum,” tegasnya.

Hasil penelitian ini juga mengungkapkan, papar Sapto, bahwa disrupsi teknologi digital memberikan pengaruh pada pendapatan media. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *