Perhatikan 5 Tips Ini Sebelum ke Dokter Gigi Dikala Pandemi

Ilustrasi Pemerikasaan Dokter Gigi dikala Pandemi
Foto/Istimewa

Medinaesia.id, Batam – Berkunjung ke dokter gigi kala pandemi tentu menjadi salah satu hal yang mengkhawatirkan. Untuk itu, patuhi protokol kesehatan dan coba ikuti tips berikut:

Ada beberapa tips yang dapat diikuti sebelum pergi ke dokter gigi.
Berkunjung ke dokter gigi di tengah masa pandemi tentu menjadi salah satu hal yang mengkhawatirkan.
Pasalnya, risiko tertular Covid-19 kala berkunjung ke rumah sakit atau klinik terbilang cukup tinggi.

Tak heran, bila belakangan pun cukup sulit menemui jadwal praktik yang tepat, mengingat beberapa rumah sakit atau klinik membatasi interaksi dengan pasien demi mematuhi protokol kesehatan dan mencegah penyebaran Covid-19.

Selain itu, butuh persiapan khusus dan protokol ketat agar diri tetap terlindungi bila sudah merasa darurat pergi ke dokter gigi.

Baca Juga  KPK Periksa Dua Pejabat Kabupaten Bintan terkait Dugaan Korupsi
Foto/Istimewa

Dokter gigi sekaligus peneliti, Armelia Sari Widyarman membagikan beberapa tips agar aman berkunjung ke klinik gigi, dalam konferensi pers virtual bersama Pepsodent, Selasa (8/12).

Berikut beberapa tips akan pergi ke dokter gigi:

  1. Kondisi tubuh sehat
    Hal penting pertama dan wajib diperhatikan adalah kondisi kesehatan secara umum. Jika Anda merasakan gejala tidak enak badan, batuk, pilek atau keluhan kesehatan lain, sebaiknya tunda dulu rencana berkunjung ke dokter gigi.

Ini demi mencegah penularan meski Anda sendiri yakin bahwa sakit yang dialami bukan akibat Covid-19.

“Selain itu jangan ke dokter gigi kalau habis travelling,” kata Sari.

Sebaiknya, beri jarak waktu antara travelling dengan kunjungan ke dokter gigi. Melakukan perjalanan ke luar kota atau luar negeri berisiko paparan virus sangat tinggi.

  1. Buat janji
    Demi menjaga jarak dengan pasien lain, sebaiknya buat janji kunjungan terlebih dahulu.
Baca Juga  LIVE: Presiden Jokowi Lantik Empat Pasang Gubernur dan Wakil Gubernur

Selain membuat janji kunjungan, Anda juga bisa langsung menyebutkan keluhan sehingga kunjungan bisa cepat dan efektif sesuai kebutuhan.

Foto/Istimewa

Apalagi, kata Sari, para dokter gigi sekarang dianjurkan untuk mengedepankan konsultasi jarak jauh atau tanpa tatap muka.

  1. Sabar dan patuhi protokol kesehatan
    “Kalau ke dokter gigi harus lebih sabar karena tiap pergantian pasien seluruh ruangan dan alat akan dibersihkan dulu,” kata Sari.

Untuk memastikan keamanan tenaga kesehatan maupun pasien, ruangan dan alat akan dibersihkan. Ruangan akan diatur sirkulasi udaranya sehingga ada pergantian udara kotor dengan udara bersih.

Alat-alat pun dibersihkan karena saat penggunaan ada aerosol yang dihasilkan dan tentu ini berisiko menimbulkan penularan.

  1. Pastikan dokter gigi mengenakan APD lengkap
    Sari menjelaskan untuk protokol new normal, dokter gigi wajib mengenakan APD level 3. APD akan mirip dengan APD tenaga medis yang menangani pasien Covid-19. APD terdiri dari gaun yang menutup tubuh, penutup kepala, kacamata google, masker, juga sepatu bot.
Baca Juga  Satrol Lantamal IV Lakukan Latihan VBSS di Perairan Tanjung Uban

“Kita bisa perhatikan apa dokter pakai APD lengkap atau tidak. Kami jadi kayak astronot, harus tertutup lengkap,” katanya disusul tawa.

  1. Perhatikan ruang praktik
    Tidak hanya dokternya, perhatikan pula ruangan praktiknya. Ruangan praktik mesti memiliki sirkulasi udara yang baik. Ini bisa ditandai dengan keberadaan kipas exhaust atau HEPA filter dan bisa juga alat sterilisasi seperti UV.

“Setelah selesai menangani pasien, ruangan disterilkan dengan HEPA filter atau UV untuk mencegah penularan,” kata Sari.(***)

sumber : CNN Indonesia