Penataan Pipa dan Kabel Bawah Laut Bakal Banyak Dilakukan di Batam

Medianesia.id, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan penataan pipa dan kabel bawah laut akan banyak dilakukan di Batam, Kepulauan Riau. Rencana ini pun telah didiskusikan Luhut kepada Presiden Joko Widodo.

“Saya pikir penataan di Batam akan lebih banyak. Tadi malam saya bicara panjang lebar dengan Presiden mengenai itu,” kata Luhut dalam pembukaan Sosialisasi Alur Pipa dan atau Kabel Bawah Laut, Jakarta, Senin (22/3/2021).

Dalam pembicaraannya bersama Presiden tadi malam, Luhut juga membahas terkait pembangunan lumbung ikan di Ambon. Proyek ini pun akan segera dieksekusi dan sudah mulai dicicil prosesnya oleh Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Safri Burhanuddin.

“Lumbung ikan di Ambon itu akan segera kita kerjakan dan saya sudah bicara dengan Pak Safri tadi malam dan Pak Sapri sudah mulai action itu juga,” kata Luhut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Rencana tersebut juga akan segera dilaporkan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono. Sebab dalam pengerjaan proyek ini akan melibatkan banyak pihak.
“Saya kira Pak Trenggono (Menteri Kelautan dan Perikanan) nanti ada lapor kepada anda mengenai perbincangan dengan Presiden,” kata dia.

Dia juga meminta agar Badan Keamanan Laut (Bakamla), Bea Cukai dan Kepolisian juga turut serta terlibat dalam proses penataan ruang bawah laut dan pembangunan lumbung ikan di Ambon. Luhut ingin semua pihak terlibat dan bekerja sama.

“Semua kita terintegrasi bekerjanya termasuk dengan bea cukai polisi. Jadi tidak ada satu elemen pun yang tidak terlibat dalam penataan penertiban negeri kita yang tercinta ini,” jagad ia mengakhiri. (***)