oleh

Pemko Batam Dapat Jatah DBH Rp262 Miliar Dari Pemprov Kepri

Medianesia.id, Batam – Tahun 2022 lalu, Pemko Batam mendapat bagian Dana Bagi Hasil (DBH) sebesar Rp262 miliar dari Pemprov Kepri.  

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kepri, Dicky Wijaya, Rabu (29/3/2023) di Batam.  

Menurutnya, berdasarkan UU No. 28 tahun 2009 tentang pajak dan retribusi daerah dimana kewenangan pajak yang dikelola Pemprov Kepri terdiri dari pajak kendaraan bermotor, pajak bea balik nama kendaraan bermotor, pajak bahan bakar minyak, pajak air permukaan dan pajak rokok.

Baca Juga : Ketua Dewan Sorot Pendapatan Daerah Kepri

“Dari hasil pajak yang diterima tentu sesuai dengan ketentuan pajak yang dihasilkan Provinsi Kepri yang sebagian diberikan kembali ke Kabupaten dan Kota,” ujar Dicky Wijaya. 

Dijelaskannya, untuk pajak kendaraan bermotor dan pajak bea balik nama kendaraan bermotor Kabupaten dan kota mendapatkan 30 persen.

Kemudian pajak bahan bakar minyak kabupaten mendapatkan 70 persen, pajak air permukaan mendapatkan 50 persen dan pajak rokok mendapatkan 70 persen.

Baca Juga : Tok! ATB Wajib Bayar Hutang PAP ke Pemprov Kepri, Nilainya Cukup Fantastis

“Dari perolehan pendapatan sektor pajak ini, Pemko Batam mendapatkan bagian DBH sebesar Rp262 miliar di tahun 2022 lalu,” sebutnya. 

Ditambahkannya, pada tahun ini, Pemprov Kepri kembali menaikan target pendapatan daerah. Sektor pajak kenderaan bermotor diharapkan bisa menjadi penyumbang terbesar dengan target Rp1,3 triliun.

“Ini adalah target optimis, karena kami membidik realisasi pajak 109 persen dari target di 2022 lalu yang tembus pada angka 107 persen,” tutupnya. 

Penulis : Agus S 

Editor : Agus S

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *