Medianesia.id, Tanjungpinang – Pelabuhan Sri Bintan Pura atau Pelabuhan SBP Tanjungpinang menerapkan sistem pembelian tiket secara online.
“Sebagai bentuk inovasi, Pelabuhan SBP Tanjungpinang akan menggunakan sistem pembelian tiket secara online atau e-tiket,” ujar Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Ridwan, Rabu (3/5/2023)
Menurutnya, kebijakan ini bisa dilaksanakan asal didukung penuh oleh semua pemangku kepentingan terkait, salah satunya operator pelayaran.
Baca Juga : Lapas kela IIA Tanjungpinang bersama narapidna gelar shalat Idul Adha
“Memang sudah saatnya Pelabuhan SBP Tanjungpinang yang menjadi salah satu pelabuhan penumpang terpadat di Indonesia itu segera menuju perubahan menggunakan sistem tiket online,” jelasnya.
Ditegaskannya, penerapan e Ticketing dapat mencegah penumpukan dan antrean panjang pembelian tiket di loket Pelabuhan SBP Tanjungpinang, karena calon penumpang bisa membeli tiket secara online melalui telepon genggam
“Tapi hal ini perlu sosialisasi yang matang, agar semua pihak ikut mendukung penerapan layanan tiket online di Pelabuhan SBP Tanjungpinang,” jelasnya lebih lanjut.
Baca Juga : Pemudik di Pelabuhan SBP Membludak, Banyak Penumpang Tak Dapat Tiket
Sementara itu, Pelayanan PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang yang mengelola Pelabuhan SBP menyampaikan dukungan penuh terhadap penerapan tiket online di pelabuhan penyeberangan antarpulau dan internasional tersebut.
Asisten Manager Pelayanan Pelindo I Cabang Tanjungpinang Raja Junjungan Nasution memastikan pihaknya siap menyediakan sarana dan prasarana untuk memfasilitasi kebijakan tiket online itu ke depan.
“Apalagi tiket online ini sebenarnya sudah kami terapkan pada 2018, namun belum berjalan maksimal,” ujarnya menambahkan.
Penulis : Ags
Editor : Ags
Komentar