PalmCo dan SupportingCo Resmi Merger, Punya Perkebunan Sawit Terluas di Dunia

Medianesia.id, Batam – Integrasi dua raksasa perkebunan sawit Tanah Air, PT Perkebunan Nusantara IV (PalmCo) dan PT Perkebunan Nusantara I (SupportingCo), melalui Kerja Sama Operasi (KSO) telah resmi diberlakukan.

Penandatanganan Berita Acara (BA) Penetapan Tanggal Efektif KSO Kebun, PKS dan PKO antara PalmCo dan SupportingCo di awal April lalu menjadi momen bersejarah bagi industri perkebunan Indonesia.

Wakil Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara atau PTPN III, Denaldy Mulino Mauna, meyakini bahwa KSO ini akan membawa dampak positif yang signifikan bagi kedua belah pihak.

“Dengan KSO ini, PalmCo dan SupportingCo dapat memaksimalkan potensi dan berkontribusi lebih besar bagi seluruh pemangku kepentingan,” ujar Denaldy, Selasa (23/4/2024).

Bagi PalmCo, KSO ini mengantarkan mereka menjadi pengelola kebun sawit terluas di dunia dengan luas mencapai 586.000 hektar (Ha), dengan target ekspansi hingga 708.000 Ha dalam satu dekade.

KSO ini juga membuka peluang peningkatan produktivitas melalui efisiensi dan penghematan biaya.

Di sisi lain, SupportingCo diharapkan dapat memanfaatkan KSO ini sebagai sumber pendapatan baru untuk mendukung “turn around” komoditas yang dikelola.