Netflix Siapkan Fitur Baru untuk Atasi Masalah Pengguna ‘Nebeng’ Akun

Foto/Istimewa
Foto/Istimewa

Medianesia.id, Batam – Netflix penyedia layanan menonton film dan seri secara daring, saat ini tengah menyiapkan pengujian fitur baru untuk memecahkan masalah pembagian password atau kata sandi alias “nebeng” akun, dengan alasan bisnis dan keamanan.

Fitur baru itu mencegah orang baru yang mencoba mengakses akun berbayar dari Netflix tanpa persetujuan pemilik akun.

“Pengujian ini didesain untuk membantu dan memastikan pemilik akun Netflix memberikan izin dalam akses masuk,” kata juru bicara Netflix dalam keterangannya kepada The Verge, Jumat (12/3).

Jika Netflix mendeteksi seseorang menggunakan akun premium tanpa didampingi pemilik akun, nantinya Netflix akan meminta verifikasi dari pemilik akun sah lewat email ataupun pesan singkat.

Baca Juga  Ampuh! Ini dia Rahasia Sehat Menahan Lapar dan Haus saat Berpuasa

Jika orang yang mencoba mengakses akun itu tidak dapat izin dari pemilik akun sah dalam waktu yang dibatasi maka mereka tidak akan bisa mengakses konten Netflix sama sekali.

Tetap saja cara ini tidak dapat sepenuhnya mencegah praktik berbagi password karena sangat mungkin pemilik akun sah justru mengirimkan kode khusus itu kepada temannya.

Pengujian yang dilakukan secara acak tanpa waktu dan lokasi yang spesifik juga dilakukan untuk mencoba pengamanan akun yang lebih baik.