Mentri Polhukam Laksanakan Kunker ke Kantor Kejaksaan Agung RI

Mentri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Profesor Mohammad Mahfud MD laksanakan Kunjungan Kerja (Kunker). foto/istimewa

Medianesia.id, Tanjungpinang – Mentri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Profesor Mohammad Mahfud MD laksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke gedung Menara Kartika Adhyaksa Kejaksaan Agung Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Selasa (16/03)

Kunker metri Polhukam disambut oeh Jaksa Agung RI Dr. Burhanuddin didampingi Wakil Jaksa Agunh Setia Untunh Amirullah dan para Jaksa Agung Muda serta kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI.

Menteri Polhukam Mahfud MD dalam sambutannya menjelaskan maksud dan tujuan utama kunjungan kerja adalah, penyelesaian kasus-kasus korupsi, pertama soal unsur tindakan korupsi yang beberapa waktu lalu ada masukan dari beberapa tokoh agar Pasal 2 dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi guna diberikan petunjuk pelaksanaan yang jelas karena di lapangan ada beberapa orang tidak memiliki niat jahat (mens rea) untuk melakukan korupsi namun hanya karena salah administrasi, langsung dibawa ke kasus korupsi. 

Dikatakan Mahfud, Hal tersebut menyebabkan sebagian orang takut melangkah dan setelah didiskusikan, Kejaksaan Agung sudah memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) tentang penerapan Pasal 2 dan Pasal 3 sehingga apabila ada perbuatan melawan hukum tetapi tidak ada niat jahat (mens rea), maka bukan kasus korupsi.