Mental BREAKDOWN. Stress-Emotional Burnout-Mental Illness Simak Artikel ini Yuk!

Ilustrasi Mental Breakdown.Foto(Istimewa)
Ilustrasi Mental Breakdown.Foto(Istimewa)

Medianesia.id, Batam – Stress ini adalah persepsi sikologis kepada semua tekanan hidup baik dari dalam maupun luar diri seseorang.

biasanya karna perubahan hidup seseorang yang drastis dan biasanya yang dirasakan kejadian – kejadian sederhana dalam hidup.

setelah stress ini muncul seseorang akan mengalami namanya Emotional Burnuot biasanya seseorang merasa lelah meskipun sudah istirahat emosi seseorang jadi tidak stabil dan tidak produktif.

lama kelamaan kondisi seseorang semakin kalut dan pada kondisi ini disebut dengan fase Mental Breakdown jika tidak bisa ditangani dengan baik maka bisa mengarah kepada mental illness atau gangguan secara mental.

Ilustrasi Mental Breakdown.Foto(Istimewa)
Ilustrasi Mental Breakdown.Foto(Istimewa)

MENTAL BREAKDOWN Kondisi ini bukan istilah medis, namun mental breakdown sering dipakai sebagai pola prilaku yang memicu seseorang yang dapat mengganggu aktivitas keseharian mereka.

Ciri ciri seseparng mengalami mental breakdown:

  1. Mengalami tekanan secara terus menerus, di Kantor atau di Rumah secara terus menerus.
  2. Mengalami kehilangan seseorang atau pekerjaan dan ditandai juga dengan kehilangan kemampuan finasial
  3. Mengalami perubahan besar dalam hidup, contohnya terjadinya pandemi ini
  4. Memiliki penyakit atau luka yang menyebabkan sulit beraktivitas
  5. Sulit fokus dengan apa yang sedang dikerjakan sampai gangguan pernafasan yang tidak beraturan
Ilustrasi Mental Breakdown.Foto(Istimewa)
Ilustrasi Mental Breakdown.Foto(Istimewa)

cara keluar dari situasi tersebut:

  1. Sharing/menceritakan permasalahan pada orang yang dipercaya
  2. Makan makanan sehat secara teratur rasakan kembali kebutuhan tubuh untuk mendapatkan asupan yang bergizi dan makan secara teratur
  3. Belajar rilax bisa dilakukan dengan cara meluangkan waktu untuk sekedar membaca buku,menonton film, menghubungi teman atau saudara tentunya pada saat moment ini perasaan menjadi santai tanpa memikirkan masalah
  4. Cegah kembali mental breakdown agar tidak muncul salah satunya dengan cara belajar “Say No” jika sedang tidak baik baik saja, jangan memaksakan untuk bilang “iya” jika tidak sedang baik baik saja
  5. Buat rencana untuk menggapai tujuan masa depan. perlahan buatlah rencana yang sederhana dan mudah. jika ini sudah kembali maka seseorang akan ingat dengan tujuan yang sedang dibuat.
Ilustrasi Mental Breakdown.Foto(Istimewa)
Ilustrasi Mental Breakdown.Foto(Istimewa)

Kesehatan mental ini akan mempengaruhi kesehatan seseorang pada elemen hidup yang lainnya. Jika terus berlanjut segera konsultasikan pada dokter atau psikologis profesional.(rika)