oleh

Menparekraf Ingatkan Investor: Pantai adalah Kawasan Publik, Tak Ada Istilah Pantai Pribadi

Medianesia.id, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menegaskan seluruh pantai di Indonesia adalah kawasan publik dan tidak ada istilah pantai pribadi.

Pernyataan ini ia sampaikan Sandiaga sebagai respons terhadap perseteruan yang viral di media sosial antara pengunjung pantai dan pengelola hotel.

Ia menjelaskan, insiden tersebut terjadi di Desa Soba Wawi, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat. Konflik ini menjadi perbincangan setelah diunggah di aplikasi TikTok.

“Ini pelanggaran dari pihak hotel terhadap wisatawan yang melakukan kegiatan surfing. Viral karena di unggah di aplikasi TikTok dan mendapat perhatian warganet,” kata Sandiaga di Jakarta, Senin (3/6).

Lebih lanjut ia menegaskan, pantai adalah kawasan yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja.

“Kami menyampaikan di forum ini bahwa kawasan pantai adalah kawasan publik. Investor harus tetap memperhatikan aturan-aturan garis pantai. Tidak ada yang namanya pantai pribadi, semuanya adalah kawasan publik,” ujarnya.

Untuk memperkuat imbauannya, Sandiaga mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2016 tentang Batasan Sempadan Pantai. Dia pun menekankan, investor harus patuh terhadap aturan tersebut dan tidak boleh mengklaim pantai sebagai area pribadi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *