Menhub Prediksi Mudik Lebaran Tahun ini Melonjak

Mudik. foto/ilustrasi/istimewa
Mudik. foto/ilustrasi/istimewa

Medianesia.id, Batam – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memproyeksi penumpang mudik lebaran tahun ini melonjak jika dibandingkan 2020. Sehingga, pemerintah akan memperketat protokol kesehatan.

Menurut Budi, tahun kemarin memang terjadi penurunan. Namun, pihaknya siap mengantisipasi lonjakan penumpang agar mudik bisa dipastikan lancar dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Pasti terjadi lonjakan. Program vaksinasi membuat masyarakat ingin bepergian. Ada juga PPnBM 0 persen dan penggunaan tes genose yang membuat orang confident bepergian. Demikian juga pengemudi yang menggunakan angkutan pribadi diperkirakan menurun dari 2019,” ujarnya dalam Rapat Kerja dengan Komisi V, Selasa (16/3).

Dalam presentasi yang Budi Karya sampaikan, penumpang angkutan darat seperti Bus memang diproyeksi menurun jika dibandingkan 2019 dari 4,19 juta menjadi 2,57 juta. Sedangkan, ASDP diperkirakan mengalami lonjakan jika dibandingkan 2019 yakni dari 4,40 juta menjadi 4,49 juta pada 2021.

Baca Juga  Ampuh! Ini dia Rahasia Sehat Menahan Lapar dan Haus saat Berpuasa

Seperti diketahui tahun lalu pemerintah melarang mudik lebaran. Hal itu dilakukan demi menekan penyebaran virus Corona antar daerah.