Mengindari Makan Malam Bisa Bikin BB Naik?

foto. (SHUTTERSTOCK)
foto. (SHUTTERSTOCK)

Medianesia.id – Ada satu mantra yang kerap kali kita dengar ketika ingin menurunkan berat badan, yaitu “Makan lebih sedikit untuk menurunkan lebih banyak berat”. Mantra di atas memang ada benarnya karena menurunkan berat badan adalah tentang mengurangi asupan kalori dan membakar lebih banyak dengan melakukan berbagai jenis aktivitas fisik.

Namun, ternyata tidak tepat jika kita justru mengurangi frekuensi makan, misalnya dengan menghindari makan malam. Sering kali pejuang diet memutuskan untuk melewatkan makan malam dengan harapan itu akan membantu mengurangi beberapa inci ekstra dari lingkar pinggang. Namun, Ini justru bisa menjadi salah dan bahkan dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Dilansir dari Times of India, berdasarkan penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal Nutrients, orang yang sering melewatkan makan malam justru bertambah berat badannya dibandingkan dengan mereka yang makan di malam hari.

Baca Juga  Ampuh! Ini dia Rahasia Sehat Menahan Lapar dan Haus saat Berpuasa

Anda akan terkejut ketika mengetahui bahwa tidur dengan perut kosong meningkatkan persentase berat badan sebesar 10 persen selama periode studi enam tahun. Kelompok orang ini mengalami obesitas dan kelebihan berat badan. Hasilnya pun sama, baik itu pada pria maupun wanita, tak ada perbedaan secara signifikan.