Mendag: RI ‘Kebanjiran’ Pesanan Batu Bara dari China

Indonesia kebanjiran pesanan batu bara dari China sebagai imbas perang dagang antara Negeri Tirai Bambu dengan Australia. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono/cnn).
Indonesia kebanjiran pesanan batu bara dari China sebagai imbas perang dagang antara Negeri Tirai Bambu dengan Australia. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono/cnn)

Medianesia.id, Batam – Mendag Muhammad Lutfi menyatakan Indonesia saat ini kebanjiran pesanan batu bara dari China, sebagai imbas perang dagang Australia-China. Indonesia kebanjiran pesanan batu bara dari China sebagai imbas perang dagang antara Negeri Tirai Bambu dengan Australia.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengungkapkan pemerintah tengah menjaga aturan ekspor batu bara ke China agar negara ekonomi terbesar di Asia itu terus membeli komoditas dari Indonesia.

Lutfi mengatakan kebijakan itu diambil karena Indonesia tengah mendapat ‘banjir order’ batu bara dari Negeri Tirai Bambu. Itu merupakan dampak dari perang dagang antara China dan Australia.

“China tidak mau membeli batu bara dari Australia, dia mau membeli batu bara dari Indonesia. Jadi saya lagi jaga benar peraturan di dalam negeri ini (agar) tidak mengganggu ekspor batu bara kita,” ujar Lutfi di acara Media Group News Summit Indonesia 2021 secara virtual, Rabu (27/1).

Baca Juga  LIVE: Presiden Jokowi Lantik Empat Pasang Gubernur dan Wakil Gubernur