Mendadak Ramai Bahas Bubur Kacang Hijau Usai Jokowi Divaksin, Berikut Alasannya

Ilustrasi. Bubur kacang hijau. (Shutterstock)
Ilustrasi. Bubur kacang hijau. (Shutterstock)

Medianesia.id – Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 pada Rabu (13/1/2021). Usai divaksin, lelaki berusia 59 tahun ini memberikan pernyataannya lewat akun Twitter @jokowi.

“Saya telah menerima suntikan vaksin Sinovac. Evaluasi BPOM, efikasinya 65,3 %, di atas standar WHO yang 50 %. MUI juga menyatakan vaksin Sinovac halal. Saya telah memerintahkan agar vaksinasi Covid-19 segera dilaksanakan di seluruh Tanah Air,” tulis Presiden Jokowi.

Cuitan ini kemudian mendapat banyak reaksi dari warganet. Uniknya, banyak warganet yang menanyakan apakah Presiden Jokowi mendapatkan bubur kacang hijau atau tidak setelah divaksin.

“Pak Jokowi abis divaksin dapet bubur kacang hijau nggak?” Tanya seorang warganet pada kolom reply cuitan tersebut. Banyak pula pertanyaan serupa yang dilontarkan warganet.

Baca Juga  Realisasi Belanja Capai Rp1.693,50 Miliar, Kepala BP Batam: Dilanjutkan di 2021

Sebelumnya, Kaesang Pangarep, putra bungsu Jokowi juga mengatakan hal serupa soal vaksin dan bubur kacang hijau. Ia mengatakan hal tersebut melalui akun Twitter @kaesangp

 (Twitter @kaesangp)
(Twitter @kaesangp)

“Semoga setelah vaksin dapet bubur kacang ijo,” tulis Kaesang di akun Twitter miliknya pada Rabu (16/12/2020).

Lantas apa hubungannya vaksin dan juga bubur kacang hijau? Rupanya, memakan bubur kacang hijau menjadi kebiasaan sejumlah masyarakat Indonesia setelah divaksin.

Petugas posyandu biasanya akan memberikan bubur kacang hijau untuk bayi di atas 6 bulan yang divaksin. Tak heran sejumlah masyarakat menanyakan hal ini usai Presiden Jokowi divaksin.

Rupanya ada alasan di balik posyandu memberikan bubur kacang hijau usai vaksin. Hal ini lantaran bubur kacang hijau dinilai mengandung sumber nutrisi yang berlimpah mulai dari vitamin, mineral dan protein.

Baca Juga  Pemerintah India Meminta WhatsApp Membatalkan Pembaruan Kebijakan Privasi

Selain itu kacang hijau juga merupakan makanan yang mudah dicerna oleh usus sehingga menghindari anak terkena sembelit. Makanan ini juga bisa melindungi anak dari penyakit hati.

Kacang hijau juga merupakan stimulan untuk merangsang kekebalan tubuh. Saat kekebalan tubuh anak baik, anak pun jadi tak rentan terkena berbagai penyakit.

Dengan segudang manfaat itulah, posyandu membagikan bubur kacang hijau ke anak usai divaksin.(**)

sumber: suara