Manfaat Kesehatan dari Buah Kurma yang Kaya Nutrisi

Medianesia.id, Batam – Buah kurma merupakan buah yang kaya nutrisi dan punya manfaat kesehatan. Buah ini juga merupakan sumber energi yang baik.

Buah kurma sebagai buah kering yang lezat, sebenarnya memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh.

Selain menjadi camilan, buah kurma juga kaya nutrisi penting yang tentunya punya manfaat kesehatan serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Mengutip beragam sumber, berikut manfaat kesehatan dari buah kurma:

Sumber Energi yang Baik

Kurma mengandung tinggi gula alami, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa, serta serat yang membantu dalam penyerapan gula secara bertahap.

Hal ini membuat kurma menjadi sumber energi yang baik dan memberikan kekuatan tahan lama, menjadikannya pilihan camilan yang ideal bagi mereka yang aktif secara fisik.

Kaya akan Nutrisi

Buah kurma juga banyak mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk serat, vitamin, dan mineral.

Kurma merupakan sumber yang baik untuk vitamin B kompleks, vitamin K, serta mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, dan potasium.

Zat-zat ini merupakan zat penting untuk menjaga kesehatan tulang, sistem kekebalan tubuh, serta fungsi otot dan saraf.

Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat dalam kurma membantu mempromosikan pencernaan yang sehat. Serat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan mendorong gerakan usus yang teratur.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kurma rendah lemak, kolesterol, dan sodium, tetapi tinggi kalium, yang merupakan kombinasi ideal untuk kesehatan jantung.

Kalium membantu mengatur tekanan darah dan denyut jantung, sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah kurma juga mengandung vitamin A, lutein, dan zeaxanthin yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

Nutrisi-nutrisi ini dapat membantu mencegah degenerasi makula dan menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

Menyediakan Antioksidan

Kurma mengandung antioksidan seperti flavonoid, karotenoid, dan fenolik, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Ini membantu melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif dan mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti kanker dan penyakit jantung.

Menyokong Kehamilan yang Sehat

Kurma berkaitan dengan meningkatkan kesehatan ibu hamil. Kurma kaya akan nutrisi penting seperti asam folat, zat besi, dan kalsium, yang sangat dibutuhkan selama kehamilan untuk perkembangan yang sehat bagi ibu dan bayi.

Meskipun manfaat buah kurma untuk kesehatan sangatlah besar, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak.

Konsumsilah dalam jumlah yang cukup agar tetap memperoleh manfaat kesehatan tanpa risiko kesehatan lainnya. Semoga bermanfaat. (*/Brp)

Editor: Brp