Manfaat Biji Mangga Untuk Kesehatan

Medianesia.id, Kesehatan – Jika anda suka makan buah mangga sebaiknya setelah makan buah warna kuning ini jagan langsung membuang bijinya. Biji buah mangga terdiri dari lapisan keras yang menutupi kernel. Kernel biji mangga mengandung protein, minyak, serat, abu, fosfor, karbohidrat, natrium, magnesium, dan kalsium. Biji buah mangga juga memiliki senyawa fenolik, bioaktif, antioksidan dan asam lemak tak jenuh.

Berikut manfaat dari biji mangga untuk kesehatan anda

  • Menurunkan Peradangan

International Journal of Pharmaceutical Sciences and Research mengatakan, senyawa fenolik dalam biji buah mangga dapat menjaga aktivitas antioksidan dan anti-inflamasi. Sifat anti-inflamasi ini membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan encok, sistem pencernaan, dan penyakit kronis lainnya.

  • Mengontrol Diabetes
Baca Juga  Anggota DPRD Kepri: Air Baku dan Fasilitas Pengelolaannya Sama, Pelayanan PT Moya Lebih Turun dari ATB

Sebuah penelitian mencatat, ekstrak etanol biji mangga menunjukkan sifat anti-diabetik yang efektif dalam mengendalikan diabetes.

Sifat tersebut akan mengurangi kadar gula darah dengan sangat signifikan. Mengonsumsi ekstrak biji mangga sangat disarankan bagi penderita diabetes, dan bagi Anda yang memiliki risiko terkena penyakit diabetes.

  • Menurunkan Berat Badan

Ekstrak biji buah mangga meningkatkan toleransi glukosa dan juga profil lipid, serta dapat mengurangi obesitas.

Asupan ekstrak biji buah mangga dapat membantu Anda yan memiliki berat badan berlebih. Biji mangga juga dapat menurunkan kadar kolestrol pada tubuh.

  • Mengurangi Risiko Diare

Di India, biji mangga telah digunakan khasiatnya sebagai penangkal diare. Sebuah studi yang dikemukakan dalam Journal of Ethnopharmacology mengatakan, ekstrak biji mangga menunjukkan sifat anti-mikroba.

Baca Juga  KB Bukopin Gunakan Teknologi yang Dikembangkan KB Kookmin

Sifat ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus aereus. Bakteri itu merupakan salah satu bakteri patogen yang dapat menyebabkan beragam penyakit.

  • Menjaga Kesehatan Rambut

Salah satu manfaat biji buah mangga adalah dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi ketombe, serta mengendalikan uban yang keluar terlalu dini.

Mentega biji mangga sangat bagus digunakan untuk memperkuat folikel rambut dan mencegah rambut dari kerontokaan.

  • Meningkatkan Kesehatan Kulit

Padatnya antioksidan tinggi yang terkandung dalam biji mangga, membuatnya dapat memperbaiki kesehatan dan penampilan kulit.

  • Menurunkan Kolestrol

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Jurnal Pertanian dan Kimia Pangan, biji mangga memiliki kemampuan ampuh untuk menurunkan kadar kolestrol LDL
Biji mangga bisa menstabilkan kadar kolestrol secara keseluruhan. Ini disebabkan karena adanya aktivitas antioksidan polifenol tinggi dalam biji mangga.

  • Mencegah Kanker
Baca Juga  Enam Kecamatan di Batam Kembali di Zona Merah Covid-19

Biji mangga memiliki antioksidan, fitokimia, dan asam galat. Penelitian yang dilakukan menunjukkan efek antipoliferatif dari ekstrak etanol biji mangga pada sel kanker, dan hasilnya positif dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita.

Biji dari buah mangga juga dapat dikonsumsi dan banyak manfaatnya bagi kesehatan Anda. (*)