Liburan Akhir Tahun Bunda Ajak Anak ke Luar atau di Rumah Aja? Berikut Tips Jika Liburan ke Luar

Ilustrasi. Photo/Istimewa
Ilustrasi. Photo/Istimewa

Medianesia.id, Batam – Gak terasa ya, Bun, kita sudah di akhir tahun aja, nih.
Biasanya, menjelang akhir tahun kayak gini, Bunda udah mulai cari-cari tempat liburan bersama keluarga.

Namun sayangnya, pandemi COVID-19 mungkin bikin mood untuk liburan jadi gak seheboh kayak tahun-tahun sebelumnya, karena mau kemana-mana jadi parno atau takut. Benar, gak?

Tapi lain halnya dengan Si Kecil, nih, Bun. Setelah berbulan-bulan melakukan semua kegiatan di rumah, seperti sekolah dan bermain, mungkin ia jadi bosan dan ingin liburan.

Sebenarnya, memang lebih aman berada di rumah aja untuk mencegah penularan penyakit di masa pandemi. Tapi kalau memang Bunda dan keluarga memutuskan untuk sesekali mau keluar rumah bersama Si Kecil, ikuti beberapa cara berikut, ya, Bun:

Baca Juga  Menparekraf Sandiaga Puji Penerapan Prokes di Bandara Hang Nadim
Ilustrasi. Photo/Istimewa
Ilustrasi. Photo/Istimewa
  • Sebelum mengajak Si Kecil keluar rumah, pastikan dulu kondisinya sehat, ya.
  • Tetap lakukan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak fisik dengan orang di sekitar, mengenakan masker, dan tidak menyentuh wajah sebelum mencuci tangan di mana pun Bunda dan Si Kecil berada, ya.
  • Hindari tempat yang ramai dan sebaiknya pilih tempat yang terbuka atau outdoor, seperti taman atau pantai.
  • Pastikan masker anak tetap terpasang kalau terpaksa berada di tempat yang cukup padat dan sulit untuk melakukan physical distancing. Hindari terlalu lama berada di keramaian tersebut.
  • Ingatkan anak untuk tidak sembarangan memegang benda-benda yang ada di tempat umum. Jika anak gak sengaja atau terpaksa menyentuh benda di tempat umum, segera cuci tangannya dengan air dan sabun atau hand sanitizer.
Baca Juga  Pria Tua Berusia 75 Tahun Ditemukan Tewas Terapung di Hutan BMW.

Meski beberapa tips di atas bisa dilakukan untuk meminimalkan risiko Si Kecil tertular virus Corona, lebih baik utamakan menikmati di rumah di rumah aja, ya, Bun.

Kalau Si Kecil bosan selama berada di rumah, Bunda bersama Ayah bisa tuh, mengajarkannya permainan yang baru, memasak bersama, atau sekedar berkebun di pekarangan rumah.(**/rika)

Sumber: Instagram @alodokter_id