Langkah Mudah Menentukan Warna Lipstik Tepat Melalui 3 Cara di Bawah Ini

Medianesia.id, Batam – Sebagai salah satu beauty item must have, lipstik dapat mengubah penampilan dari polos menjadi lebih menarik secara instan. Beruntungnya, saat ini semakin banyak brand kecantikan yang menawarkan berbagai warna lipstik, mulai dari nude, earth tone, hingga bold

Namun, jika salah memilih warna lipstik, bisa-bisa wajah kamu terlihat kusam dan kurang menarik. Makanya, menentukan warna lipstik bisa dibilang ‘susah-susah gampang’. Nah, buat yang mau tahu bagaimana tips dalam menentukan warna lipstik yang tepat, simak artikel ini sampai habis, ya!

1. Pilih berdasarkan skin tone

Photo/Pinterest

Skin tone merupakan warna kulit yang bisa dilihat langsung secara kasat mata, seperti putih gading, kuning langsat, dan sawo matang. Putih gading (fair skin tone) diartikan sebagai warna kulit yang terang namun cenderung pucat. Pemilik skin tone ini cenderung cocok menggunakan lipstik dengan warna apapun, baik merah, nude, maupun pink terang. 

Baca Juga  Kajari: Tersangka Korupsi BPHTB yang Baru Dilantik Pemko Tanjungpinang Bakal Ditahan

Kuning langsat (medium skin tone), termasuk warna kulit yang berada di antara gelap dan terang. Warna kulit kuning langsat dapat memilih lipstik warna merah dengan hint pink, atau merah bata.

Photo/Pinterest

Pemilik warna kulit sawo matang (deep skin tone) perlu berhati-hati dalam memilih warna lipstik, karena kalau salah bisa membuat wajah tampak kusam ataupun pucat. Warna kulit ini disarankan memilih warna lipstik cokelat muda dengan sentuhan pink atau orange, bisa juga lipstik dengan rona gelap, seperti maroon, burgundy, atau cokelat tua.

2. Tentukan dari warna undertone kulit

Photo/Covesia.com

Jika sekiranya mengidentifikasi warna kulit belum cukup, sekarang kamu perlu menentukan warna lapisan bawah kulit. Cara paling mudah untuk mengetahuinya, coba amati dengan seksama warna pembuluh darah di bawah sinar matahari.

Baca Juga  RT dan RW Bisa Menjabat 'Berkali-kali', Dewan Batam Minta Perjelas Aturan Hukumnya

Jika warna pembuluh darah biru atau ungu, itu artinya coolundertone (merah muda). Warna undertone ini cocok dengan warna pink, merah, ungu muda, plum. Namun, hindari lipstik orange maupun nuansa yang sangat terang, karena dapat membuat wajah terlihat kusam.

Photo/Istimewa

Jika pembuluh darah berwarna hijau, itu adalah warmundertone (kuning). Warna lipstik yang cocok untuk warm undertone, adalah warna merah dan orange, keduanya akan terlihat paling baik untuk kamu.Apabila pembuluh darah berwarna hijau atau biru, berarti neutral undertone (netral). Orang dengan neutral undertone bisa memakai hampir semua warna dengan percaya diri, seperti nude,

3. Pilih warna lipstik universal dan sudah teruji pada berbagai warna kulit

Photo/Pinterest

Di antara berbagai warna lipstik yang telah direkomendasikan untuk masing-masing skin tone dan undertone, pasti kamu masih juga bingung nih mau pilih warna apa. Makanya, tips selanjutnya adalah pilih warna lipstik yang universal dan sudah teruji pada berbagai warna kulit. 

Baca Juga  Tagihan Air Tinggi, Warga Sampaikan 'Curhatannya' di RDP DPRD Kota Batam

Dalam hal ini, nude, coral, dan merah terang menjadi warna universal yang banyak dipilih. Bahkan, ketiga warna itu juga cocok digunakan pada semua warna kulit. Yup, terutama warna merah terang. Warna yang memberi kesan berani sekaligus elegan ini menjadi warna yang paling menarik dan pas, karena memiliki keseimbangan yang sempurna antara kuning dan biru. (*/Tarina)

Photo/Istimewa

Source : Beauty Journal