KPK Cekal Dua Orang ke Luar Negeri Terkait TPK di Bintan

Medianesia.id, Tanjungpinang – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan adanya pelarangan keluar Negeri kepada Dua orang yang berperan penting dalam kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi (TPK), Jum’at (09/04)

Pelarangan ke luar Negeri tersebut terkait masih berlangsungnya proses penyidikan yang mana tim Penyidik KPK telah mengirim surat kepada Ditjen Imigrasi Kumham RI.

“Benar, sejak tanggal 22 Februari 2021, KPK telah mengirimkan surat pelarangan ke luar negeri ke Ditjen Imigrasi Kumham RI terhadap 2 orang yang berperan penting dengan perkara yang masih proses penyidikan ini” jelas Plt Jubir KPK Ali Fikri.

Tindakan pencegahan ke luar negeri, lanjut Ali,  tentu dalam rangka kepentingan proses pemeriksaan, agar pada saat diperlukan untuk dilakukan pemanggilan dan pemeriksaan pihak-pihak tetap berada di wilayah Indonesia dan dapat kooperatif hadir.

“Pelarangan ke luar negeri ini dilakukan untuk 6 bulan ke depan sejak tanggal 22 Februari 2021” tambahnya.

Sebelumnya, tim KPK lakukan pemanggilan beberapa saksi guna dimintai keterangan terkait TPK pengaturan barang kena cukai dalam pengelolaan kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas bintan (BP Kawasan Bintan).(yuli)