Khasiat Teh Soba yang Menajadi Tren Kesahatan Baru Saat Ini

medianesia.id, Gaya Hidup – Minum teh secara rutin dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan mulai dari membantu menurunkan berat badan hingga meningkatkan kesehatan jantung. Jika anda bosan dengan teh herbal, anda bisa bisa mencoba minu teh soba.

Teh soba dibuat dengan cara merendam daun soba atau biji-bijian dalam air. Keduanya memiliki kandungan antioksidan dan senyawa tanaman seperti rutin, quercetin, vitexin, dan D-chiro-inositol.

Teh ini memiliki rasa pedas dengan aroma ringan dan bebas gluten, yang baik bagi penderita penyakit celiac.

Berikut ini manfaatnya bagi kesehatan yang dilansir dari laman Boldsky.

  • Mengelola diabetes

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, teh soba dapat membantu menjaga kadar glukosa darah dan mencegah lonjakan kadar gula darah. Karena itu, minum teh ini mungkin bermanfaat dalam pengobatan diabetes.

  • Membantu menurunkan berat badan
Baca Juga  Pasca-dilantik Jadi Bupati Bintan, Apri Sujadi Menghilang?

Teh soba kaya akan antioksidan dan rendah kalori. Diminum setelah makan yang akan akan membantu mengendalikan makan berlebihan dan mempercepat metabolisme, sehingga membantu menurunkan berat badan.

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Studi penelitian menunjukkan bahwa minum teh soba secara teratur akan menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat. Aktivitas penurun lipid teh soba disebabkan oleh senyawa flavonoid lain yang menghentikan pembekuan trombosit darah, sehingga mencegah pembekuan darah yang menyebabkan stroke dan penyakit jantung.

  • Mencegah kanker

Aktivitas antikanker teh soba dikaitkan dengan senyawa tanaman utama yang ada di dalamnya salah satunya adalah quercetin. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa flavonoid ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar, payudara, ginjal, dan ovarium.

Baca Juga  Update! Wisma Atlet Bertambah Ratusan Orang, Kini 4.459 Pasien Covid-19 Dirawat