oleh

Keutamaan Puasa Arafah Jelang Idul Adha

Medianesia.id, Tanjungpinang – Menjelang Hari Raya Idul Adha, umat Muslim memiliki kesempatan meraih pahala besar dan ampunan dosa melalui puasa Arafah. Puasa sunnah ini dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah, bertepatan dengan momen khusyuk saat para jamaah haji melaksanakan wukuf di Padang Arafah.

Wukuf di Arafah adalah rukun haji yang menjadi inti dari seluruh rangkaian ibadah haji. Bagi Muslim yang tidak sedang menunaikan haji, dianjurkan untuk melaksanakan puasa Arafah.

Melansir dari baznas.go.id, pahala yang di dapatkan dari puasa ini sangat istimewa. Seperti dijelaskan dalam hadis Riwayat Muslim: “Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” [HR Muslim]

Selain menghapus dosa, keutamaan puasa Arafah lainnya adalah di jauhkan dari api neraka. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada hari di mana Allah membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada Hari Arafah.” [HR Muslim]

Tata Cara Puasa Arafah yang Mudah

Pelaksanaan puasa Arafah tidak jauh berbeda dengan puasa pada umumnya. Muslim wajib menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal yang membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan:

Niat: Bacalah niat puasa Arafah pada malam hari sebelum sahur atau sebelum terbit fajar. Lafal niatnya: “Nawaitu shouma arofata sunnatan lillaahi ta aalaa” (artinya: “Saya niat puasa Arafah, sunnah karena Allah Ta’ala”)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita lainnya