Keutamaan Melaksanakan Sholat Dhuha

Medianesia.id,Religi – Beribadah di dalam agama Islam terbagi menjadi dua hukum dasar yaitu ibadah wajib, seperti contohnya puasa ramadhan, membayar zakat fitrah dan sholat 5 waktu.

Sedangkan ibadah sunnah sendiri memiliki berbagai macam jenis mulai dari membayar zakat maal, melaksanakan sholat jum’at (bagi perempuan) hingga melaksanakan sholat sunnah lainnya seperti sholat dhuha.

Sholat dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang memiliki keutamaan yang luar biasa. Seperti yang disebutkan dalam hadis riwayat At Tirmidzi dan Ibnu Majah yang berbunyi:

“Siapa saja yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” Menjadi bukti bagaimana dengan menegakkan sholat dhuha, dosa-dosa kita akan diampuni oleh Allah. 

Namun, keutamaan sholat dhuha tak berhenti di situ saja. Ada berbagai macam keutaman yang akan kamu dapatkan ketika melaksanakan sholat dhuha yang dapat dijadikan penolong selama hidup di dunia. Yuk, simak apa saja keutamaan melaksanakan sholat dhuha di bawah ini.

Keutamaan Sholat Sunnah Dhuha

1. Memiliki Rumah di Surga

Siapa yang tak menginginkan memiliki sebuah rumah nan indah saat di surga nanti? Jangankan memiliki sebuah rumah, manusia bahkan rela berlomba-lomba berbuat kebaikan agar mendapatkan ganjaran berupa masuk ke dalam surga.

Baca Juga  Polda Kepri Selamatkan 6 Korban Trafiking dari 1 Tersangka PMI Ilegal

Maka, bukankah begitu nyaman dan senang hati kita apabila memiliki sebuah rumah di dalam surga nantinya. Sebuah tempat yang banyak diidam-idamkan oleh banyak umat muslim.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Barang siapa yang (melaksanakan) shalat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al-Jami’ No. 634)

Dengan melaksanakan sholat dhuha dengan rajin dan tentunya juga diiringi oleh perbuatan baik yang dicintai oleh Allah.

Kita sebagai manusia akan dibangunkan sebuah rumah di surga nantinya. Sebagai bentuk imbalan karena terus mengingat Allah dan selalu taat beribadah selama hidup di dunia.

2. Wajah Terlihat Lebih Bercahaya dan Awet Muda

Dengan menjalankan sholat dhuha dengan rajin, juga berarti bahwa kamu sering melakukan wudhu selama lebih dari 5 kali dalam sehari.

Baca Juga  Aniaya Abdul Aziz, Warga Binaan ini Kembali Jadi Tersangka

Air wudhu tersebut akan membantu wajahmu lebih sehat dan bercahaya. Hal ini karena wajahmu lebih sering sering disucikan dibasuh dengan menggunakan air agar minyak dan kotoran yang menempel pada wajah hilang.

Selain keajaiban dari sebuah air wudhu itu sendiri, sholat dhuha memang dapat membuat wajah orang yang rajin melaksanakannya terlihat lebih cerah dan nampak lebih teduh, sehingga banyak orang yang akan suka dan jatuh hati padanya.

3. Pahala yang Sama dengan Sedekah

Sebagaimana yang disampaikan dalam sebuah Hadis Riwayat Muslim yang berbunyi: “Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya.

Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat.” 

Menjalankan ibadah sholat dhuha diketahui dapat menggantikan kewajiban bersedekah karena memiliki perhitungan amal yang sama, sehingga jika kamu melakukan sholat dhuha setiap hari. Itu juga berarti kamu mengeluarkan sedekah setiap harinya.

Baca Juga  Ini Petunjuk Pelaksanaan Perjalan Dalam Negeri dengan Transportasi Udara

Jadi meskipun kamu tidak memiliki cukup uang, kamu tetap bisa bersedekah dengan melakukan sholat dhuha. Sungguh Allah sangat mengerti dan mencintai makhluk-Nya.

4. Diberi Limpahan Rezeki dan Dicukupkan Hartanya.

Salah satu keutamaan sholat dhuha adalah mampu memperlancar turunnya rezeki dari Allah. Ya, selain terus berikhtiar dan berusaha semaksimal mungkin.

Sholat dhuha merupakan salah satu cara yang efektif bagi kita untuk mendapatkan limpahan rahmat, rezeki dan dicukupkan hartanya.

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam sebuah hadist yang berbunyi:

“Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya akan Aku cukupkan untukmu (rezeki)  di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad).

Itulah rangkuman manfaat sholat dhuha yang perlu kamu ketahui. Ingatlah bahwa, Allah tidak akan pernah mengingkari janjinya dan akan mengabulkan seluruh permintaan hamba-Nya yang bersungguh-sungguh.

Maka dari itu mulailah melaksankan sholat dhuha dengan rajin agar mendapatkan keutamaan-keutamaan seperti yang disebutkan di atas.