Ketika Kulit Tangan Kering, Beberapa Hal ini yang Bisa Mengatasi

Medianesia.id, Batam – Terlalu sering mencuci tangan atau menggunakan cairan pembersih dapat berakibat buruk bagi kondisi kulit tangan. Gatal, kering, dan iritasi adalah gejala awal yang mungkin anda rasakan.

Bagi pemilik kulit sensitif, kulit kering di tangan tentu sangat mengganggu. Maka dari itu, banyak orang mencari cara agar dapat mengatasi permasalahan ini.

Dilansir dari Brightside.me, berikut ini kami telah rangkum 5 cara mengatasi kulit kering di tangan dengan cepat.

  1. Mengoleskan Pelembap Setelah Mencuci Tangan

Cara mengatasi kulit kering di tangan dengan cepat yang pertama adalah dengan cara mengoleskan pelembap setelah mencuci tangan. Kulit Anda kehilangan kelembapan dalam waktu 60 detik setelah Anda mencuci tangan. Jadi penting untuk melembapkannya tepat setelah setiap kali mencuci.

Kulit yang sedikit basah sangat cocok untuk mengunci kelembapan. Jadi pilihlah krim tangan yang kental dan melumasi dengan bahan yang tepat. Petrolatum, dimetikon, dan berbagai jenis mentega akan menjadi penghalang pada kulit Anda untuk menahan air, sementara asam hialuronat dan gliserin akan menambah kelembapan.

Yang harus dilakukan: setelah Anda mencuci tangan, oleskan lotion tangan atau krim tangan ke tangan yang agak basah.

Baca Juga  39.167 Pelaku Usaha Mikro Batam Terima Bantuan Rp2,4 juta dari Pemerintah Pusat
Ilustrasi Kulit Tangan Kering.Foto/Istimewa
Ilustrasi Ketika Kulit Tangan Kering.Foto/Istimewa

Usahakan untuk tidak menyentuh apapun sampai tangan Anda benar-benar kering agar krim mengeras dan terserap oleh kulit Anda. Ingatlah bahwa tangan yang basah dapat mentransfer kuman dengan lebih mudah, jadi lebih baik tidak terburu-buru.

  1. Menggunakan Perawatan yang Intensif

Cara mengatasi kulit kering di tangan dengan cepat yang berikutnya adalah dengan melakukan perawatan yang intensif. Malam hari adalah waktu yang tepat untuk melembabkan tangan yang kering dengan membiarkan produk menempel di kulit lebih lama.

Dengan cara ini, produk dapat diserap oleh tangan Anda semalaman yang mungkin memiliki hasil penyembuhan yang lebih tahan lama.

Yang harus dilakukan: pilih krim atau losion tangan yang bernutrisi atau melembapkan, lalu oleskan dengan cermat ke kulit Anda. Anda bisa mengganti krim tangan dengan pelembab alami seperti minyak kelapa, minyak jojoba, atau gel lidah buaya. Kemudian kenakan sarung tangan katun dan pergi tidur

  1. Kelupas Kulit yang Kering

ilustrasi kulit kering

Pengelupasan membantu menghilangkan sel kulit mati, meningkatkan pembaruan kulit, dan membuat krim terserap lebih baik ke dalam kulit yang meningkatkan efeknya. Bagi kebanyakan orang, eksfoliasi cukup 1-2 kali seminggu.

Baca Juga  Dewan Batam Kritisi Pola 'Cicilan' di Tingginya Tagihan Air PT Moya Indonesia

Jika Anda melihat kulit kemerahan, gatal, atau iritasi setelah pengelupasan atau jika kulit Anda sudah terlalu meradang, berhati-hatilah dan biarkan kulit Anda sembuh terlebih dahulu sebelum memasukkan prosedur ini ke dalam rutinitas Anda.

Ilustrasi Kulit Tangan Kering.Foto/Istimewa
Ilustrasi Kulit Tangan Kering.Foto/Istimewa

Apa yang harus dilakukan: Anda bisa membuat scrub di rumah. Ambil 2 sdt minyak kelapa dan campur dengan 2 sdm gula pasir.

Oleskan campuran ini ke kulit Anda, pijat sebentar, dan bilas dengan air. Anda juga dapat mencampur gula dengan minyak pelembab pilihan Anda, seperti minyak jojoba atau minyak biji anggur, dan menambahkan minyak esensial atau vitamin E.

  1. Pilihlah Produk Pelembap Tangan

telapak tangan

Cara mengatasi kulit kering di tangan dengan cepat akan efektif apabila memilih produk pelembap yang tepat. Merendam tangan adalah perawatan intensif lainnya yang dapat membantu meredakan kekeringan dan membuat kulit Anda lebih terhidrasi.

Pilih pelembap alami, tepuk-tepuk tangan Anda hingga hampir kering setelah mandi, dan oleskan ke kulit Anda.

Baca Juga  7 Tersangka Judi Cingkoko Terancam 10 Tahun Penjara

Apa yang harus dilakukan: ambil secangkir bubuk oat dan 3 sdm minyak zaitun. Masukkan semua bahan ke dalam baskom berisi air hangat dan aduk. Rendam tangan Anda dalam campuran ini selama 10 menit.

Minyak zaitun memiliki efek pelembab berkat vitamin E dan juga melindungi kulit Anda dari infeksi. Oat melembutkan kulit dan membantu menjaganya tetap terhidrasi.

  1. Selalu Perhatikan Cara Mencuci Tangan

ilustrasi cuci tangan

Mencuci tangan terlalu sering dapat merusak pelindung kulit Anda, menyebabkan kekeringan dan iritasi. Dan produk dengan tingkat pH yang salah dan teknik pencucian yang tidak tepat hanya berkontribusi pada kerusakan kulit yang dapat membuat kulit tampak bersisik.

Yang harus dilakukan: hindari mencuci tangan dengan air panas karena hanya mengeringkan kulit dan tidak lebih efektif melawan mikroba daripada air hangat atau dingin.

Sebaiknya pilih sabun cair pelembab dan hindari sabun batangan karena kadar pH-nya yang tinggi dapat menyebabkan iritasi kulit. Saat Anda mengeringkan tangan, jangan terlalu banyak menekan: tepuk saja sampai kering.(***)

Sumber: Merdeka.com