Kenali Kasta Tingkatan Gelar Para Pecatur

Ilustrasi Pemain Catur. (foto/istimewa)

Medianesia.id, Batam – Dalam dunia catur profesional, seorang pemain memiliki gelarnya masing-masing guys.

Yuk, Mengenal Kasta Tingkatan Gelar Para Pecatur! Istilah GM, WGM atau WIM mungkin membingungkan. Karena itu, yuk kita bahas saja tingkatan gelar dalam dunia catur.
Gelar para pecatur hanya diberikan oleh Federation Internationale des Echecs atau FIDE, organisasi yang didirikan di Paris tahun 1942.

  1. Grand Master dan Woman Grand Master
    Ini adalah gelar tertinggi yang diberikan oleh FIDE kepada pecatur dan berlaku seumur hidup. Untuk mendapatkan gelar ini minimal memiliki skor 2500 ELO. Kalu GM diberikan untuk pria, maka gelar WGM diberikan kepada pecatur wanita.
  2. International Master dan Woman International Master
    International Master diberikan FIDE kepada pecatur pria yang mencapai 3 kemenangan dalam turnamen international dan memiliki skor 2400 ELO. Namun, woman International Master (WIM) diberikan FIDE untuk pecatur wanita.
  3. Fide Master dan Woman Fide Master
    tidak ada syarat khusus bagi pecatur untuk meraih gelar ini. Biasanya pecatur mendapatkan sebuah gelar FIDE Master (FM) atau WFM setelah mendapatkan skor 2300 ELO.
  4. Candidate Master dan Woman Candidate Master
    ini adlah gelar paling rendah yang diberikan FIDE. Cara mendapatkannya adalah memiliki skor 2200 ELO. Kalau Candidate Master (CM) diberikan untuk pria, maka Woman Candidate Master (WCM) diberikan untuk wanita.
Baca Juga  Marsha Timothy Gantikan Peran Raline Shah di Film Surga yang Tak Dirindukan 3

sumber: Ig @indozonefyi