Kaya akan Serat, Berikut Manfaat Buah Jeruk bagi Tubuh

Medianesia.id, Kesehatan – Buah dengan warna oranye ini telah dikenal luas mengandung nutrisi sangat kaya akan serat, vitamin C hingga antioksidan tinggi yang ampuh mendukung kesehatan dan kebugaran tubuh.

Tak hanya soal khasiatnya, ia pun seringkali dijadikan racikan minuman menyegarkan pelepas dahaga.

Berikut kandungan nutrisi yang terdapat di dalam 100 gram (g) buah jeruk:

Kalori: 61,6
Lemak: 0,16 g
Potasium: 237 miligram (mg)
Karbohidrat: 15,4 g
Gula: 12,2 g
Protein: 1,23 g
Vitamin C: 77%-93% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
Thiamin: 10% AKG
Folat: 10% AKG
Serat: 9% AKG
Kalsium: 4%-5% AKG
Potasium: 5%

Manfaat Buah Jeruk

manfaat buah jeruk
Sumber Gambar: Pixabay

Sungguh luar biasa bukan nutrisi yang terkandung di dalam buah yang telah mulai dikonsumsi sejak ribuan tahun lalu di Asia ini? Tak salah memang, bahwa diketahui tentang kandungan vitamin C di dalamnya yang luar biasa.

Lalu, dari sederet nilai gizi yang ditawarkannya, apa saja yang bisa ‘diperbuat’ oleh buah jeruk bagi kesehatan tubuh kita?

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sudah bukan rahasia lagi kalau kandungan vitamin C di dalam buah jeruk ampuh berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh kita.

Mengonsumsi jeruk juga mampu membantu kita terhindar dari flu dan menghindari infeksi.

2. Melindungi Tubuh dari Kanker

Rutin mendapat asupan nutrisi dari jeruk membantu menjaga kerusakan sel tubuh dari radikal bebas yang berperan menimbulkan kanker.

Studi mengungkap bahwa kandungan dalam jeruk secara signifikan mampu mengurangi risiko terkena kanker usus besar.

3. Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Tak hanya vitamin C, jeruk juga diketahui kaya akan kandungan vitamin B6 di dalamnya.

Vitamin B6 mendukung tubuh dalam memproduksi hemoglobin dan juga menjaga tekanan darah tetap dalam batas normal.

4. Menurunkan Tingkat Kolesterol Jahat

Penelitian membuktikan bahwa buah citrus mengandung polymethoxylated flavones (PMFs) yang memiliki potensi ampuh dalam menurunkan angka kolesterol jahat.

Bahkan, efeknya lebih efektif dan tanpa efek samping dibandingkan dengan obat-obatan.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Serat di dalam buah jeruk menjaga tingkat gula darah tetap terkontrol, membuatnya bisa menjadi ‘camilan’ sehat penderita diabetes.

Kandungan fruktosa dalam jeruk juga berperan menstabilkan gula darah dan mencegahnya naik secara tiba-tiba setelah kita mengonsumsi makanan.

6. Mendukung Kesehatan Mata

Tak hanya wortel, jeruk juga mengandung vitamin A dalam jumlah banyak yang berperan menjaga kesehatan indera penglihatan.

Jeruk adalah sumber karotenoid, vitamin A yang tersimpan di dalamnya memiliki peran penting dalam membuat selaput lendir di mata tetap sehat.

Vitamin A juga bertanggung jawab untuk mencegah degenerasi mascular yang berkaitan dengan usia, yang dalam kasus-kasus ekstrem dapat menyebabkan kebutaan.

7. Solusi bagi Sembelit

Jeruk memiliki serat larut dan tidak larut. Ini membantu menjaga usus dan fungsi lambung tetap lancar, mencegah sindrom iritasi usus.

Selain itu, serat membantu mengobati sembelit atau konstipasi dengan sangat efektif. Jadi solusi bagi kamu yang mengalami masalah pencernaan.

8. Menjaga Kesehatan Mental

Antioksidan flavonoid dalam jeruk juga bermanfaat untuk menangkal stres dan depresi. Orang tua yang rutin mengonsumsi jeruk memiliki risiko depresi yang jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak memakannya.

9. Memperkuat Tulang

Vitamin C dalam jeruk dibutuhkan untuk pembentukan kolagen dan berkontribusi bagi kesehatan tulang.

Jeruk juga merupakan sumber vitamin A yang sangat baik, yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang normal dan diferensiasi sel.

10. Membantu Program Diet

Karena penuh nutrisi dan rendah kalori, jeruk bisa menjadi salah satu buah terbaik untuk mendukung program diet kamu.

Jeruk dianggap sebagai buah kalori negatif yang artinya mengandung lebih sedikit kalori daripada yang dibutuhkan tubuh untuk membakarnya.

Dengan kata lain, dengan mengonsumsi jeruk tubuh akan membakar lebih banyak kalori daripada jumlah yang kamu makan.

11. Mendukung Perkembangan Kandungan

Jeruk adalah sumber vitamin B6 dan asam folat yang baik. Makan jeruk saat hamil akan membantu mengembangkan otak bayi dan mencegah cacat tabung saraf, yang diketahui menyebabkan kelainan otak dan sumsum tulang belakang. (*)