oleh

Jokowi Resmi Teken Perpres Publisher Rights

Medianesia.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) tentang Tanggung Jawab Platform Digital untuk Mendukung Jurnalisme Berkualitas atau Publisher Rights, Senin (19/2).

Perpres tersebut diharapkan dapat mewujudkan jurnalisme berkualitas dan keberlanjutan industri media nasional.

“Setelah sekian lama, melalui perdebatan panjang, akhirnya kemarin saya menandatangani Peraturan Presiden tentang tanggung jawab platform digital untuk mendukung jurnalisme berkualitas atau yang kita kenal sebagai Perpres Publisher Rights,” kata Jokowi dalam sambutannya di puncak Hari Pers Nasional 2024, Selasa (20/2).

Perpres ini melalui proses pertimbangan panjang, mulai dari perbedaan pendapat, aspirasi, implikasi, hingga dorongan dari berbagai pihak.

“Setelah mulai ada titik kesepahaman, titik temu, ditambah lagi Dewan Pers yang mendesak terus, perwakilan perusahaan pers dan asosiasi media juga mendorong terus akhirnya kemarin saya meneken Perpres tersebut,” ungkapnya.

Melalui Perpres ini, pemerintah ingin memastikan jurnalisme di Tanah Air berkualitas dan bebas konten negatif. Selain itu, pemerintah juga ingin memastikan keberlanjutan industri media nasional.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *