oleh

Jelang Hari Raya Natal, Kadis Naker Ingatkan Pengusaha

Medianesia.id, Batam-Kepala Dinas Tenaga Kerja atau Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti mengingatkan pengusaha soal Tunjangan Hari Raya (THR) jelang Natal 2023. 

“Perusahaan-perusahaan diminta tidak lupa membayar THR Natal bagi pekerja. THR Natal ini untuk meningkatkan aspek kesejahteraan dan perlindungan bagi para pekerja,” ujar Rudi Sakyakirti, Rabu (13/12/2023). 

Dijelaskannya, sesuai Permenaker Nomor 6 Tahun 2016 tentang THR Keagamaan bagi Pekerja atau Buruh di Perusahaan, adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan oleh pengusaha kepada pekerja menjelang Hari Raya Keagamaan.

“Pembayaran THR Pekerja paling lambat H-7 sebelum Natal atau selambat-lambatnya tanggal 18 Desember 2023,” tegasnya.

Masih kata Rudi, besaran yang harus dibayarkan untuk THR pekerja di Batam berdasarkan besaran UMK saat ini, yakni sekitar Rp 4,5 juta. 

Bagi karyawan yang bekerja kurang dari satu tahun, maka hitungan THR akan diberikan secara proporsional sesuai dengan masa kerjanya.

“Pekerja yang belum satu tahun perhitungannya itu yakni satu bulan gaji dibagi 12 bulan di kali masa kerja. Jika baru kerja enam bulan maka contohnya 4.500.000 dibagi 12 dan dikali 6 sama dengan Rp 2.250.000,” jelasnya. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *