Jangan Salah Jurusan Lagi, Berikut 3 Cara Mudah Memilih Jurusan Kuliah. Simak Yuk!

Ilustrasi. Photo/Istimewa
Ilustrasi. Photo/Istimewa

Medianesia.id, Batam – Sebagai pelajar yang baru tamat sekolah dan ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan, memilih jurusan kuliah masih menjadi persoalan. Banyak pelajar yang masih bingung bagaimana cara memilih jurusan kuliah.

Memilih jurusan kuliah biasanya sudah dimulai saat kamu ikut bimbingan intensif untuk seleksi nasional yang diselenggarakan pemerintah. Kalau kamu memilih untuk kuliah di perguruan tinggi swasta atau luar negeri, menentukan jurusan kuliah juga menjadi hal utama yang sebaiknya tidak dipilih sembarangan.

Jurusan kuliah yang tepat akan membantu kamu mengembangkan potensi secara maksimal agar dapat meraih karier yang cemerlang. Dengan menentukan jurusan kuliah yang cocok denganmu, kamu akan lebih mudah menjalani perkuliahan dan peluang sukses akan lebih besar.
Cara Memilih Jurusan Kuliah

Baca Juga  Puluhan Tenaga Kesehatan di RSBP Telah Divaksinasi Covid-19

Kalau kamu masih bingung bagaimana cara memilih jurusan kuliah yang cocok untuk kamu dan baik bagi masa depan kamu, Berikut Caranya:

  1. Mengetahui Minat

Cara memilih jurusan kuliah yang pertama adalah dengan mengetahui minat yang kamu miliki. Pilihlah jurusan yang kamu sukai agar kamu tidak mudah menyerah saat menghadapi kendala selama perkuliahan. Kalau perlu kamu bisa ikuti tes minat dan bakat.

  1. Ketahui Konsekuensi Jurusan Kuliah

Cara memilih jurusan kuliah yang bisa kamu coba adalah dengan mengetahui konsekuensinya. Misalnya kamu mengambil jurusan Kedokteran yang akan berhubungan dengan pasien dengan segala kondisi dan penyakit. Kalau kamu masih takut melihat darah atau korban kecelakaan, mungkin kamu harus memikirkan ulang pilihanmu.

  1. Jangan Mengikuti Orang Lain
Baca Juga  Pemerintah Bakal Buka Lowongan CPNS 2021, Namun Jumlah Formasi Terbatas

Cara memilih jurusan kuliah terakhir adalah dengan tidak mengikuti orang lain. Dalam artian kamu jangan ikut-ikutan memilih jurusan kuliah hanya karena sahabatmu atau pacarmu mengambil jurusan kuliah tersebut. Hal ini bisa menghambat perkuliahan kamu karena kamu tidak memilih berdasarkan kemampuanmu.

Itulah cara memilih jurusan kuliah yang bisa kamu terapkan. Memilih jurusan kuliah layaknya memetakan masa depan kamu. Pilih dengan bijak ya!(**/rika)

Source: Instagram @indozone.id