Investasi Batam Tumbuh 18 Persen di Tahun 2023

Medianesia.id, Batam – Pertumbuhan investasi di Batam menunjukkan tren positif sepanjang tahun 2023. Data dari Kementerian Investasi RI menunjukkan realisasi di Batam mengalami peningkatan 18 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Angka ini menjadi kontribusi terbesar bagi nilai investasi di Kepri secara keseluruhan, dengan porsi mencapai 77,5 persen.

Capaian ini diapresiasi oleh Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, yang melihatnya sebagai pertanda positif bagi kebangkitan ekonomi Batam dan Kepri.

“Peningkatan di Batam membutuhkan stimulus agar terus bertumbuh positif. Hal ini akan memberikan efek domino yang besar bagi ekonomi masyarakat,” ujar Rudi, Selasa (16/4/2024).

Rudi mendorong seluruh pihak untuk memperlancar proses perizinan. Pembukaan lahan investasi baru diharapkan dapat membuka peluang kerja yang lebih luas dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja lokal.

Optimisme Rudi bukan tanpa alasan. Dari 31 kawasan industri di KPBPB Batam, 6 di antaranya memiliki luas antara 50 hingga 320 hektar dari total 1.660,9 hektar lahan industri yang tersedia, atau setara 4 persen dari luas Batam.