Ini Dia 19 Titik Reklamasi Perdagangan dan Jasa di Kepri yang Disepakati Pansus Ranperda RZWP3K

Medianesia.id, Tanjungpinang – Kelompok Kerja dan Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) Provinsi Kepri, menyepakati 19 titik reklamasi perdagangan dan jasa.

DPRD Provinsi Kepri pun berencana menetapkan regulasi strategis daerah tersebut hari ini.

“Khusus reklamasi perdagangan dan jasa, ada 19 titik. Namun dimana lokasinya, saya belum mengetahuinya. Karena tidak masuk dalam Pansus,” ujar Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Provinsi Kepri, Wahyudin, Selasa (15/12/2020).

Menurutnya, alokasi ruang laut Kepri dalam batas 0-12 mil terbagi pada Kawasan Pemanfataan Umum (KPU) yang terdiri dari zona pariwisata 146 titik, zona pemukiman 176 titik, zona pelabuhan 131 titik, zona hutan mangrove 8 titik, zona pertambangan 21 titik, zona perikanan tangkap 111 titik, zona perikanan budidaya 94 titik, zona pergaraman 1 titik, zona industri 76 titik, zona bandar udara 4 titik, zona fasilitas umum 36 titik.

Baca Juga  5 Tips ini Bantu Paha jadi Ramping dengan Jogging

Selain itu adalah zona perdagangan/jasa 19 titik, zona pendaratan pesawat 1 titik, dan zona energi 6 titik.

“Yang kedua adalah, Kawasan Konservasi (KK) yang terdiri dari Kawasan Konservasi dan Pulau-Pulau Kecil 1 titik. Kedua Kawasan Konservasi Perairan (KKP) 6 titik, dan Kawasan Konservasi Maritim (KKM) 9 titik. Namun untuk detail dimananya bisa konfirmasi ke Pansus,” jelas Legislator Komisi IV DPRD Provinsi Kepri tersebut.

Seperti diketahui, berdasarkan draf Ranperda RZWP3K yang sudah dibukukan Pemprov Kepri pada 2018 lalu, ada 10 titik reklamasi srategis yang akan diplot sebagai kawasan Jasa/Perdagang.

Pertama adalah Tugu Pensil, Tanjungpinang (Zona II Gurindam 12) dengan luas 7,37 Hektar (Ha), Bandar Sri Bintan, Bintan 48,91 Ha.

Baca Juga  Mendag: RI 'Kebanjiran' Pesanan Batu Bara dari China

Ketiga Coastal Area, Karimun dengan luas 7,68 Ha. Kemudian yang keempat Gurindam 12, Tanjungpinang (Zona I) 20,79 Ha.

Kelima Water Front City, Natuna dengan luas 9,52 Ha. Keenam adalah Batam Centre (Teluk Tering) dengan luas 914,09 Ha. Ketujuh Komersial Jodoh, Batam seluas 27,78 Ha.

Selanjutnya adalah Kawasan Komersial Tanjung Uma, Batam dengan luas rencana reklamasi 225,96 Ha. Sedangkan titik reklamasi yang ke sepuluh adalah Kawasan Komersial Coastal Area, Karimun 179,23 Ha. Diantara 10 titik tersebut ada yang sudah berjalan, ada yang belum melakukan reklamasi. (*)

Sumber: Batampos