Ini 12 Makanan dan Minuman Pemicu Berat Badan

Medianesia.id – Setiap orang pasti berkeinginan mempunyai berat tubuh yang ideal. Tidak terlalu gemuk, juga tidak terlalu kurus. Terkadang, beberapa orang mengalami kondisi tubuh yang terlalu kurus dan ingin menambah berat badannya.

Sebagaimana dilansir Healthline, terdapat sejumlah kondisi yang dapat menyebabkan penurunan berat badan tidak sehat, seperti gangguan makan, masalah tiroid, penyakit seliaka, kanker, hingga infeksi tertentu.

Karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga gaya hidup sehat. Lantas, apa saja makanan yang dapat membantu menambah berat badan? Berikut beberapa di antaranya makanan yang dapat menambah berat badan, seperti dilansir dari Medical News Today:

  1. Susu
    Susu menawarkan campuran lemak, karbohidrat, dan protein. Ini juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik, termasuk kalsium. Susu dapat ditambahkan ke dalam menu makanan, bagi siapa pun yang ingin menambah berat badan.
  2. Beras
    Beras setelah diolah menjadi nasi menjadi sumber karbohidrat baik, yang berkontribusi pada penambahan berat badan. Nasi dapat dikonsumsi dengan makanan yang mengandung protein dan sayuran.
  3. Daging merah
    Mengonsumsi daging merah telah terbukti membantu membangun otot dan menambah berat badan. Ini termasuk steak, yang mengandugn leusin dan kreatin, nutrisi penting dalam meningkatkan massa otot.
Baca Juga  Perkuat Pencarian dan Pertolongan, Kabasarnas Resmikan Pengoperasian 6 Kapal SAR

Steak dan daging merah lainnya mengandung protein dan lemak, yang meningkatkan berat badan. Namun, tetap harus dibatasi asupannya.

  1. Kacang dan selai kacang
    Mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin dapat membantu seseorang menambah berat badan dengan aman. Kacang dapat menjadi camilan enak, yang bisa ditambahkan ke banyak makanan seperti salad.

Kacang panggang mentah atau kering mempunyai manfaat kesehatan paling banyak. Selai kacang yang dibuat tanpa tambahan gula atau minyak terhidrogenasi juga dapat membantu menambah berat badan.

  1. Pati
    Pati yang terkandung dalam beberapa makanan juga bisa meningkatkan pertumbuhan otot dan penambahan berat badan.

Beberapa makanan yang kaya akan pati antara lain Kentang Jagung Biji gandum Kacang polong Labu Gandum Kacang-kacangan Ubi jalar Sereal gandum utuh Roti gandum Selain menambah kalori, pati memberikan energi dalam bentuk glukosa. Glukosa ini yang akan disimpan dalam tubuh sebagai glikogen. Baca juga:

Baca Juga  Penyidik Kejagung Kembali Periksa 6 orang di Kasus Dugaan Korupsi PT Asabri

5 Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol

  1. Salmon
    Salmon kaya akan lemak sehat, menjadikannya sebagai salah satu pilihan terbaik bagi orang yang ingin menambah berat badan. Selain itu, salmon juga mengandung banyak nutrisi, termasuk omega-3 dan protein.
  2. Buah kering dan alpukat
    Buah kering kaya nutrisi dan kalori, yang pengeringannya dapat dilakukan sendiri menggunakan buah segar. Adapun alpukat, mengandung banyak kalori dan lemak, serta beberapa vitamin dan mineral.
  3. Cokelat hitam
    Cokelat hitam merupakan makanan tinggi lemak dan berkalori tinggi. Makanan ini juga mengandung antioksidan.
  4. Telur Telur menjadi sumber protein baik, lemak sehat, dan nutrisi lainnya. Sebagian besar nutrisi, terkandung dalam kuning telur.
  5. Minyak, lemak, dan keju Minyak, seperti yang berasal dari buah zaitun dan alpukat, menyumbangkan kalori dan lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung.
Baca Juga  Ternyata Masih Ada 100 Lebih Perusahaan yang Masih Nunggak THR 2020

Sementara itu, keju menjadi sumber lemak, protein, kalsium, dan kalori yang baik. Seseorang yang ingin menambah berat badan, harus memilih keju berlemak penuh.

11.Yogurt
Yogurt penuh lemak juga bisa memberikan protein dan nutrisi. Hindari yogurt beraroma, dan yang memiliki kandungan lemak lebih rendah, karena sering kali mengandung gula tambahan.

  1. Pasta
    Pasta kaya karbohidrat dan padat kalori untuk penambahan berat badan yang sehat. Hindari pasta yang diputihkan, dan pilih yang dibuat dengan biji-bijian.

Sebagai informasi, selain mengonsumsi makanan tertentu, perlu untuk menjaga gaya hidup sehat, salah satunya dengan berolahraga yang tidak terlalu berat.(***)