oleh

IHSG Hijau, Sentimen Positif dari Eksternal dan Dalam Negeri

Medianesia.id, Batam – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,25% pada sesi I, Senin (29/1/2024). Sentimen positif dari eksternal dan dalam negeri menjadi faktor pendorong.

Secara eksternal, IHSG ditopang oleh penguatan indeks saham Asia yang didorong oleh aksi beli investor asing.

Di sisi lain, regulator China juga mengumumkan akan menghentikan peminjaman saham tertentu untuk short selling mulai Senin.

Langkah ini untuk mendukung pasar saham yang sedang merosot di negara tersebut. Sementara itu, dari dalam negeri, IHSG ditopang oleh rencana pemerintah memberikan insentif fiskal kepada sektor pariwisata.

Insentif ini berupa pengurangan pajak dalam bentuk pemberian fasilitas ditanggung pemerintah (DTP) sebesar 10% dari Pajak Penghasilan (PPh) badan.

Alhasil, PPh badan yang tadinya sebesar 22%, akan turun menjadi 12%. Pemberian insentif ini tentunya untuk mendorong kebangkitan sektor pariwisata yang mulai menggeliat pasca Covid-19.

Pilarmas Investindo Sekuritas merekomendasikan saham ADMR untuk perdagangan di sesi II. Saham ADMR bergerak di sektor pariwisata, sehingga berpotensi mendapat manfaat dari insentif fiskal yang diberikan pemerintah.(Brp)

Editor: Brp

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *