Ibu Menyusui Wajib Tahu. 7 Makanan Penambah ASI yang Sederhana

Ilustrasi Ibu Menyusui.Foto/Istimewa
Ilustrasi Ibu Menyusui.Foto/Istimewa

Medianesia.id, Batam – Makanan penambah ASI atau air susu ibu akan menjadi informasi yang sangat penting untuk diketahui para ibu. Khususnya bagi Anda yang baru saja dikarunia sang buah hati dan masih dalam masa menyusui.

Sebab, tak sedikit para ibu yang sedang dalam masa menyusui mengeluh lantaran produksi air susunya tak cukup dan amatlah kurang untuk sang buah hati.

Terlebih jika Anda memiliki bayi yang kerap sekali terbangun dari tidurnya dan rewel karena kelaparan. Tentu pemberian ASI merupakan cara tepat agar si kecil tak lagi merasa kelaparan dan tidak rewel.

Bagi Anda yang mengalami kekurangan ASI, sebenarnya keluhan ini dapat diatasi dengan beragam cara. Salah satunya adalah dengan memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi agar dapat membuat produksi ASI lebih melimpah dan juga lancar.

Berikut adalah makanan penambah ASI, cocok untuk ibu sedang menyusui yang sudah dirangkum dari Hellosehat dan berbagai sumber.
Oatmeal

Ilustrasi Ibu Menyusui.Foto/Istimewa
Ilustrasi Ibu Menyusui.Foto/Istimewa

Makanan penambah ASI adalah oatmeal yang merupakan salah satu jenis dari biji-bijian kaya akan zat gizi. Oatmeal begitu baik untuk dikonsumsi ibu menyusui karena dapat menambah produksi ASI, tak hanya itu oatmeal ini juga akan baik untuk sang buah hati.

ilustrasi oatmeal

Baca Juga  BMKG Memberi Daftar Wilayah Waspada Cuaca Ekstrem

Adanya kandungan zat besi yang terdapat pada oatmeal ternyata memiliki pengaruh terhadap banyaknya produksi ASI yang dihasilkan.

Itu mengapa oatmeal sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang ingin memperbanyak ASI untuk kebutuhan nutrisi sang buah hati.
Kacang Arab

Makanan penambah ASI selanjutnya adalah kacang arab yang juga dapat membantu Anda guna memperbanyak produksi air susu.

Memiliki nama lain kacang garbanzo, dalam kacang ini sudah terkandung protein yang sangat tinggi. Sehingga mampu membuat produksi ASI Anda menjadi meningkat serta lancar.

ilustrasi kacang arab

Ilustrasi Ibu Menyusui.Foto/Istimewa
Ilustrasi Ibu Menyusui.Foto/Istimewa

Untuk mengonsumsinya, Anda cukup menambahkan kacang ini sebagai makanan pendamping misalnya dengan mencampurkannya ke dalam pasta maupun salad buah atau mungkin sayur.

Dalam satu cangkirnya, kacang Arab ini sudah mengandung 269 kalori, 45 gr karbohidrat, 15 gr protein, 13 gr serat dan 4 gr lemak. Istimewanya lemak pada kacang ini merupakan lemak tanpa kandungan kolesterol.

Sayur Bayam

Salah satu makanan penambah ASI berikutnya adalah bayam. Bayam merupakan salah satu jenis sayur yang dapat membantu Anda untuk memperlancar dan memperbanyak produksi ASI pada payudara. Hal tersebut disebabkan karena bayam mempunyai kandungan fitoestrogen yang baik guna melancarkan ASI.

ilustrasi bayam

Tak hanya itu, bayam juga mengandung berbagai vitamin serta mineral lainnya seperti vitamin A, C, kalsium, natrium, tembaga, seng dan asam folat yang juga bermanfaat untuk menunjang perkembangan si kecil.

Baca Juga  Promo Menarik dari Yamaha untuk Konsumen Batam

Wijen

Dilansir dari Hellosehat, biji wijen adalah makanan yang ampuh guna membantu memperbanyak produksi ASI. Sebab, wijen mengandung banyak vitamin serta mineral di dalamnya seperti vitamin B, C, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, dan masih banyak lagi.

Dengan mengonsumsi biji wijen, maka kebutuhan zat gizi harian selama Anda menyusui akan dapat terpenuhi.

ilustrasi wijen

Kandungan mineral kalsium di dalamnya juga dapat memberikan efek baik untuk produksi ASI sang ibu. Terpenuhinya asupan kalsium juga membuat tingginya kalsium dalam ASI sehingga sangat baik dikonsumsi oleh sang buah hati.

Ilustrasi Ibu Menyusui.Foto/Istimewa
Ilustrasi Ibu Menyusui.Foto/Istimewa

Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu makanan yang juga dipercaya mampu memperbanyak produksi ASI Anda. Sebab, jenis bawang yang satu ini mengandung berbagai vitamin dan mineral di dalamnya sehingga baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui.

Akan tetapi sayang, aroma khas menyengat dari bawang putih ini juga dapat merubah rasa alami pada ASI. Rasa ASI yang dikeluarkan setelah mengonsumsi bawang ini, akan terasa sedikit pedas serta mempunyai aroma menyengat khas bawang putih.

Baca Juga  Awal Tahun, Presiden Jokowi Berikan 'Kado Indah' untuk PNS. Ini Bocorannya

Daun Katuk

Salah satu makanan amat begitu dipercaya dan sering digunakan untuk menambah serta memperlancar ASI ialah daun katuk. Daun ini sangat baik dikonsumsi untuk ibu menyusui sebab di dalamnya tengah mengandung cukup protein yang dibutuhkan ketika ASI diproduksi.

Perlu diketahui, ibu menyusui membutuhkan protein sebanyak 20 gram lebih banyak daripada sebelum dirinya menyusui. Berbeda dari kondisi normal wanita biasa yang hanya membutuhkan 40 gr protein, dibutuhkan sebanyak 60 gram protein setiap harinya bagi ibu menyusui.
Pepaya

Makanan penambah air susu ibu berikutnya adalah buah pepaya. Tak hanya buahnya saja, namun bunganya juga memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C serta berbagai mineral yang sangat penting untuk kesehatan. Antara lain seperti kalium, asam folat serta enzim papain.

ilustrasi pepaya

Enzim-enzim tersbut pada nantinya akan membantu pencernaan protein yang sangat dibutuhkan para ibu menyusui dalam memperlancar serta memperbanyak produksi ASI.

Tak hanya itu, pepaya banyak memiliki kandungan cairan sehingga sangat baik untuk mencukupi kebutuhan cairan ketika memproduksi ASI.

Itu tadi merupakan informasi makanan yang bisa Anda coba untuk memperbanyak produksi ASI. Bagi Anda yang merupakan ibu dalam kondisi menyusui, semoga informasi tersebut dapat membantu Anda. Selamat mencoba.(***)

Sumber: Merdeka.com