Harga Minyak Goreng Kemasan Naik Rp 1.000? Mendag Masih Usulkan

Medianesia.id, Batam – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengusulkan kenaikan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng dalam kemasan sebesar Rp 1.000 per liter.

Namun, usulan ini masih dalam tahap diskusi di Kementerian Perdagangan dan belum final.

“Sedang didiskusikan untuk disesuaikan. Saya usulkan sih naik Rp 1.000, untuk packaginnya (minyak dalam kemasan),” kata Zulhas di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Senin (6/5/2024).

Jika usulan Zulhas disetujui, HET minyak goreng kemasan akan naik dari Rp 14.000 per liter menjadi Rp 15.000 per liter.

Wacana kenaikan HET minyak goreng kemasan sebenarnya sudah berhembus sejak akhir Januari 2024, dipicu lonjakan harga di pasar.

Saat itu, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Isy Karim mengatakan evaluasi HET minyak curah sedang dilakukan, namun belum tentu akan dinaikkan.

“Kalau sesuai DMO masih Rp 14.000 per liter, memang seperti Pak Menteri (Menteri Perdagangan) sampaikan itu akan di evaluasi. Tapi bukan berarti evaluasi harus naik, enggak lah,” ungkap Isy pada 29 Januari 2024.

Isy menjelaskan kenaikan harga minyak curah saat itu wajar, dan evaluasi internal di Kemendag melibatkan kementerian teknis lainnya.

“Targetnya, evaluasi harga minyak goreng curah selesai pada Maret 2024,” katanya.(*/Brp)

Editor: Brp