Gubernur Kepri Apresiasikan Festival Barongsai 2021

Medianesia.id, Batam – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad mengapresiasi pelaksanaan Festival Barongsai 2021, yang diselenggarakan di Mega Mall, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (2/4/2021) malam.

Even pariwisata ini, merupakan event yang keempat kalinya diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kepri.

“Saya menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan event ini,” kata Ansar Ahmad saat membuka secara resmi Festival Barongsai 2021.

Ansar mengatakan, saat wabah covid selesai, walaupun even ini sudah pernah digelar sebelumnya, Kepri berharap agar event yang sama bisa digelar dengan skala lebih besar dan lebih gemerlap.

“Kita dapat menyelenggaarakan even berskala internasional, misalnya mengambil tempat di Jembatan Barelang sebagai salah satu ikon kota Batam,” kata Ansar yang disambut tepuk tangan meriah dari tamu undangan yang hadir.

Baca Juga  Hadapi Situasi Kedaruratan, Karyawan ATB Dilatih Terampil Menghadapi Kebakaran

Dikatakan, ini merupakan salah satu bentuk usaha kita melestarikan event-event pariwisata dan budaya di Kepulauan Riau.

Sebelum covid ada, hampir 3 juta jumlah kunjungan wisman ke Kepri pada akhir tahun 2018. Kepri menempati urutan kedua di indonesia, setelah Bali kemudian disusul oleh Jakarta.

Kepri masih menyumbang kunjungan rata-raya atau long stay oleh wisman baru tiga hari, untuk itu kita harus memperkaya event pariwisata. Kalau kita lihat, sisi keindahan alam dan berbagai tempat wisata kita masih sangat menarik dikunjungi wisman.

“Agar para wisman dapat lebih lama tinggal, minimal lima hari di Kepri ini, maka kita akan dorong event dalam format atau bentuk lain agar wisman menjadikan kepri ini sebagai second home bagi mereka,” ujarnya .

Baca Juga  Jelang Ramadan, Tim Gabungan Razia Kafe Penjual Minuman Beralkohol

Barongsai ini, kata Ansar, bukan barang baru bagi kita. Sejak ia kecil, barongsai ini sudah ada. Inilah budaya kita yang mesti kita jaga dan lestarikan bersama.

“Barongsai ini bukan lagi milik satu etnis tetapi saya melihat tadi pemainnya ada juga dari masyarakat di luar etnis tionghoa.ini bukti keberagaman budaya kita bahwa Barongsai adalah budaya bersama,” ujarnya.

Dalam event ini, kita minta juga agar taati protokol kesehatan. Karena kita terus berusaha untuk menekan penyebaran covid 19 agar kita dapat membuka lagi pintu pariwisata, baik nasional maupun internasional.

Hadir dalam kegiatan pembukaan Festival Barongsai 2021, Komandan Kogabwilhan I Provinsi Kepri, Danlantamal IV Tanjungpinang, Wakil Ketua DPRD Kepri Kadisbudpar Provinsi Kepri Buralimar, Anggota DPRD Provinsi Kepri Asmin Patros, Wali Kota Batam Diwakili Kadisbudpar Batam Ardiwinata, Ketua Kadin Provinsi Kepri Akhmad Maruf Maulana, Perwakilan PSMTI Kepri, PSMTI Kota Batam, PHRI, dan asosiasi pariwisata lainnya. (IST)